28 Orang Ikut Seleksi Terbuka Mengisi 8 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Di Lembata

0
221

Sekretaris Daerah, Paskalis Ola Tapo Bali, Senin (13/12/2021), bertempat di aula kantor Bupati Lembata, membuka kegiatan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata.

Ujian yang diikuti oleh 28 ini, untuk mengisi kekosongan 8 jabatan pimpinan tinggi pratama yang hingga saat ini masih dijabat Pelaksana Tugas.

Paskalis Ola Tapo Bali, dalam sambutannya mewakili Bupati Lembata, menyampaikan bahwaseleksi terbuka merupakan salah satu terobosan reformasi birokrasi menurut Undang Undang ASN Nomor 5 tahun 2014, dimana menganut pola merit sistem berbasis prestasi.Disampaikan Paskalis Tapo Bali, didalam PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 17 Tahun 2020 salah satu kebijakan manejemen ASN adalah promosi dengan pola merit sistem.

“Mulai hari ini kalian diuji kompetensi manajerialnya karena nantinya kita akan memperoleh seorang manajer atau pemimpin dari sebuah organisasi yang akan menjalankan Visi Misi, program-program kerja, agenda prioritas Pemerintah Daerah”, kata Tapo Bali.

Lanjut Tapo Bali, ada 8 kompetensi manajerial yang akan diuji, salah satu yang menjadi penekanan Bupati Lembata adalah integritas. Semua dituntut harus memperhatikan prilaku hidup, moralitas, dan peduli lingkungan. Kemudian kepada tim penilai kompetensi (assesor) dan panitia, Bupati Lembata melalui Paskalis Tapobali berpesan agar dalam seleksi terbuka ini dikedepankan profesionalisme dalam bekerja. Hindari pesanan sponsor dan laksanakan tugas sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada, sesuai kualifikasi yang dimiliki.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Daerah Kabupaten Lembata, Said Kopong, dalam laporan panitia menyampaikan, ada 29 orang yang mendaftar tetapi 28 yang diperkenankan mengikuti seleksi tahap selanjutnya. Satu orang peserta dinyatakan gugur pada awal seleksi administrasi.

Menurut Said Kopong, ada 9 jabatan kosong yang saat ini masih dijabat oleh pelaksana tugas. Dan hari ini akan dilaksanakan tes untuk mengisi kekosongan 8 jabatan yang ada.

Dilaporkan bahwa uji kompetensi ini diikuti peserta dengan komposisi sebagai berikut : Jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, diikuti oleh 3 orang peserta, Jabatan Asisten Administrasi Umum, diikuti oleh 4 orang peserta.

Jabatan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, diikuti oleh 6 orang peserta, Jabatan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, diikuti oleh 3 orang peserta, Jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, diikuti oleh 4 orang peserta, Jabatan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, diikuti oleh 3 orang peserta.

Jabatan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, diikuti oleh 3 orang peserta, dan Jabatan Kepala Dinas Perhubungan, diikuti oleh 3 orang peserta.

Sedangkan Jabatan Kepala Dinas Kesehatan, sampai dengan pelaksanaan ujian belum ada yang mendaftar sehingga tidak diikutsertakan dalam ujian kali ini. Seleksi terbuka JPT Pratama dilakukan dengan menggunakan metode seleksi tertulis, wawancara pemaparan makalah, diskusi dan bedah kasus. Adapun waktu pelaksanaan ujiannya dimulai hari ini, tanggal 13 s/d 19 Desember 2021.(Dinas Kominfo Lembata)