BUPATI LEMBATA BUKA MUSRENBANG SECARA ONLINE

0
1230

BUPATI LEMBATA BUKA  MUSRENBANG  SECARA ONLINE

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, S.T, M.T membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) untuk membahas Rencana Kerja Pemeritah Daerah (RKPD) Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Lembata bertempat di Rumah Jabatan Bupati Desa Waijarang pada Selasa, (7/4/20).

Pemerintah Kabupaten Lembata mengambil langkah yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Musrenbang kali ini dilaksanakan melalui teleconference dengan menggunakan aplikasi Zoom. Hal ini sengaja dilakukan pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus covid-19 dan sekaligus menindak lanjuti Instruksi Presiden untuk menerapakan social distancing. Untuk itu, Dinas Kominfo telah menyiapkan beberapa titik lokasi yang digunakan dalam menyukseskan kegiatan MUSRENBANG online, kata  Said.

Meski berlangsung secara virtual, lanjut Said yang merupakan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah  (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Lembata. Semua  aspirasi  yang mencakup usulan Musrenbang dari tingkat desa dan kecamatan dan rancangan RKPD dari setiap OPD dipastikan bisa terakomodasi dengan baik. Pasalnya, seluruh pemangku kepentingan telah diundang bergabung dalam rapat dunia maya tersebut, tegas Said.

Sementara itu, Bupati Sunur ditemui tim redaksi Kominfo mengatakan kegiatan MUSRENBANG melalui videoconference untuk pertama kali dilakukan di Kabupaten Lembata. “tentu ini merupakan langkah yang sangat baik meskipun ada terjadi gangguan signal” ungkapnya.

Lebih lanjut, jika dilihat dari segi waktu dan biaya tentu virtual meeting  lebih efektif mengingat semua peserta tidak bertemu secara langsung dan untuk konsumsi bisa diatur oleh kantor masing-masing, sehingga lebih ekonomis. Ditambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan jika situasi sudah kembali normal, Pemerintah tetap melakukan rapat seperti ini, tuturnya.

Dipengujung wawancara Sunur berharap agar Dinas Kominfo dapat memiliki penguat signal mobile, sehingga dapat memberikan penguatan signal pada titik yang akan dilakukan kegiatan semacam ini, tutupnya.

Perlu diketahui bersama dalam pantauan tim redaksi Kominfo rangkaian pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Lembata berlangsung sekitar 6 jam. Diawali dengan pemaparan singkat Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2021 oleh kepala BAPPELITBANGDA Kabupaten Lembata, penyampaian 7 (tujuh) Pokok pikiran Lembaga DPRD oleh Ketua DPRRD  Kabupaten Lembata, Petrus Gero, S.Sos dan diakhiri dengan dialog bersama. (Tim Komifo)