Lewoleba– Atas Nama pemerintah dan seluruh masyarakat Lembata menyampaikan terima kasih kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Pusat atas bantuan helikopter type KA32A11BC dengan Nomor Registrasi PK-IKR guna memadamkan api di puncak Ile Lewotolok, yang diakibatkan lontaran lava pijar. Demikian penyampaian Plt. Bupati Lembata Dr. Thomas Ola, M.Si dalam rapat koordinasi penanganan erupsi Ile Lewotolok di pelataran Rumah Jabatan Bupati lama, Kota Lewoleba Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur, Selasa (3/8/2021).

“Kemarin siang helikopter sudah berada di Maumere dan pagi tadi pukul 9.00 WITA telah terbang ke Lembata untuk melakukan upaya water bombing di Desa Jontona dan Todanara Kecamatan Ile Ape Timur, dan tadi jam 12. 00 WITA mereka sudah melakukan misi mereka dengan baik”,tutur Thomas.

Thomas berharap, dengan pemadaman yang dilakukan oleh BNPB, di seputar wilayah Kecamatan Ile Ape Timur, yakni Desa Jontona dan Todanara agar tidak timbul kebaran baru lagi. Sementara itu, kebakaran yang terjadi di beberapa desa di wilayah Kecamatan Ile Ape yakni di Desa Pentuntawa, Riangbao, Kolontobo dan Laranwutun itu, telah dipadamkan oleh hujan beberapa waktu yang lalu.

“Untuk dua titik yang tersisa di Desa Jontona dan Todanara itu hari ini telah dipadamkan oleh misi dari BNPB. Oleh karena itu kita berterima kasih kepada BNPB dan Pemerintah Pusat dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Mereka sungguh sangat membantu dalam berbagai urusan kebencanaan di daerah-daerah termasuk di Kabupaten Lembata ini”, ujar Thomas.

Pemerintah pusat sangat luar biasa dalam membantu pemerintah daerah dalam penanganan bencana sambung Thomas. Untuk itu, Ia mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat bersama menjaga kondisi ini dengan baik. 

“Tugas kita semua adalah menjaga ini dengan baik. Jangan menebang pohon serta membakar hutan di Ile Lewotolok, dan semoga lava pijar ini tidak lagi menimbulkan kebakaran di puncak maupun di lereng gunung Ile Lewotolok”, tutup Thomas.

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Paskalis Ola, A.P., M.T, para Asisten Sekda, Kalak BPBD Lembata dan para Camat serta para Kepala Desa.

Untuk diketahui bersama, Helikopter milik BNPB dengan type KA32A11BC tiba di kabupaten Lembata pada pukul 09:00 WITA, dengan awak heli sebanyak empat orang yang ditugaskan untuk memadamkan kebakaran di lereng gunung Lewotolok. Adapun empat orang petugas yakni, Cap. Alexander serta tiga orang crew lainnya yakni, Stanislaus, Rahman dan Taufik. (Tim Kominfo Lembata)