Pemda Lembata dan TNI AD Bersinergi Atasi Krisis Air Bersih: Langkah Strategis Demi Kesejahteraan Masyarakat

0
30

Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata terus menggalakkan upaya kolaborasi dengan TNI Angkatan Darat (AD) dalam menangani krisis air bersih yang melanda wilayah tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Penjabat (pj) Bupati Lembata pada sebuah acara tatap muka dengan Kepala Staf Komando Resor Militer (KOREM) 161/Wira Sakti Kupang, Kolonel Simon Petrus Kamlasy, di Olimpic Resto Lewoleba pada Sabtu, 27 April 2024.

“Pemda Lembata menyadari bahwa persoalan utama di Kabupaten Lembata adalah masalah ketersediaan air bersih, kondisi rumah yang tidak layak huni, dan tingginya angka stunting. Oleh karena itu, kami berharap adanya kerjasama yang erat dengan TNI AD dalam menangani permasalahan ini,” ujar pj. Bupati.

Selain itu, Matheos Tan Penjabat Bupati Lembata, turut menyampaikan bahwa Pemda Lembata telah menyumbangkan tanah seluas 5 hektar pada tahun 2022 untuk pembangunan KODIM di Lembata. “Kami mendesak percepatan pembangunan KODIM. Jika tidak, kami akan mempertimbangkan untuk mengajukan usulan kepada DPRD guna memindahkan lokasinya ke Waijarang. Sementara itu, lokasi yang telah disediakan dapat dimanfaatkan oleh instansi atau lembaga lain untuk pembangunan kantor pemerintah,” ungkap Matheos Tan.

Di kesempatan yang sama, Kolonel Simon Petrus Kamlasy, Kasrem 161/WS Kupang, melaporkan kunjungannya ke Desa Labalimut, Desa Ria Bao, Desa Babokerong di Kecamatan Nagawutung dan Desa Riang Bao di kecamatan Ileape untuk meninjau sumur bor menggunakan peralatan geolistrik. “Peralatan geolistrik sangat efektif dalam mendeteksi kedalaman sumber air, sehingga memudahkan perhitungan biaya yang diperlukan. Hal ini akan sangat membantu masyarakat, terutama dalam mengoptimalkan lahan pertanian yang luas,” kata Kolonel Simon.

Beliau juga berjanji akan terus mendukung dan mengunjungi Lembata karena melihat potensi yang luar biasa di wilayah tersebut.

Kerjasama antara Pemda Lembata dan TNI AD dalam penanganan krisis air bersih diharapkan dapat memberikan solusi konkret bagi masyarakat setempat, serta membawa dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di Kabupaten Lembata.