Lembata Jadi Kabupaten Pertama di Provinsi NTT yang Lakukan Simulasi Ujian CAT CPNS

0
24
Oplus_131072

Lembata- Kabupaten Lembata menjadi Kabupaten pertama di wilayah regional X BKN Denpasar yang melakukan simulasi Computer Asisted Test (CAT) Calon Aparatur Sipil Negara.

Kepala kantor regional X BKN Denpasar, Dr. Yudhantoro Bayu Wiratmoko, S.Kom., MMSi, saat ditemui awak media di depan stasion CAT BKPSDM Lembata menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BKPSDM Lembata karena telah melakukan sosialisasi CAT, Selasa (02/07/2024).

“Pertama saya ucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang setinggi -tingginya kepada BKPSDM Lembata yang sudah melakukan sosialiasi kegiatan CAT, karena ini menjadi Kabupaten pertama di wilayah regional X BKN Denpasar yang melakukan simulasi Computer Asisted Test (CAT) Calon Aparatur Sipil Negara, ujar Yudhantoro.

“Hari ini BKPSDM Lembata sudah melakukan sosialiasi terkait persiapan seleksi ASN, baik itu Sekolah Kedinasan dan CPNS tahun 2024,” Lanjutnya

Yudhantoro mengatakan Ini merupakan keseriusan dari kepala BKPSDM Lembata untuk mengembangkan SDM Kabupaten ini.

“Ini merupakan keseriusan dari pak Said, rupanya pak Kaban serius sekali untuk mengembangkan SDM di Kabupaten ini,” Ucap Yudhantoro

Ini dibuktikan bahwa, hari ini ada sebanyak 750 peserta yang sudah mengikuti kegiatan CAT yang akan dilaksanakan selama dua hari.

Terkait infrakstruktur, Kepala Kanreg X Denpasar ini mengatakan Kabupaten Lembata sudah mempunyai infrastruktur, sudah mempunyai stasiun CAT sendiri secara memadai, walau ada beberapa fasilitas yang kurang namun semua sudah disampaikan kepada pj Bupati dan Ketua DPRD Lembata untuk dapat melengkapi kekurangan yang ada.

“Terkait kekurangan yang ada kita sudah bicarakan kepada pak penjabat Bupati dan Ketua DPRD dan Diharapkan pada pelaksanaan nanti akan mempermudah untuk melakukan test yang sesungguhnya,” Tandasnya.

Kepala kantor regional X BKN Denpasar, Yudhantoro Bayu Wiratmoko, kepala BKPSDM Lembata Said Kopong dan Tim BKN Regional X Denpasar.

Kepala BKPSDM Lembata, Said Kopong, mengucapkan limpah terimakasih kepada Kepala Kanreg X Denpasar bersama tim karena sudah mau mendengar dan merespon permintaan ini.

Pemantauan pelaksanaan simulasi ujian dengan sistem di Aula BKDPSDM Lembata

“Pertama saya ucapkan terimakasih kepada pak kakan dan tim yang sudah merespon permintaan kita, melihat formasi yang begitu besar, jadi kita berjuang untuk melakukan yang terbaik guna perkembangan SDM yang ada,” Ujar Said

Said Kopong juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mempermudah para peserta yang nantinya mengikuti test yang sesungguhnya dapat melakukan dan mengerjakan soal dengan baik.

“Tahun 2024 ini Kabupaten Lembata mendapat formasi yang begitu besar yaitu 2500 formasi, Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan ini formasi kita bisa terserap secara optimal, dan semua formasi bisa diisi.” tandas Kopong. 

Sementara itu, Pj bupati Lembata Paskalis Ola Tapo Bali, A.P.,M.T mengatakan, kalian menjadi orang-orang yang mendapat berkat. Sebab dari ribuan pelamar yang ingin mengikuti simulasi dan tersaring hanya 750 peserta. 

“Hari ini kalian menjadi orang yang beruntung. Karena dari ribuan kalian bisa sampai ke titik ini”, ucap Pj Bupati Paskalis. 

Untuk itu kita patut memberikan apresiasi dan terima kasih, karena dengan waktu yang singkat kepala regional X Denpasar merespon baik komunikasi yang dibangun oleh Pemda Lembata terkait pelaksanaan simulasi ujian CPNS dengan sistem CAT. 

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Kepala BKN Regional Denpasar dan tim yang merespon baik permintaan Pemda untuk melakukan simulaai CAT ini. Dan beliau sendiri juga hadir untuk melihat dan memantau pelaksanaan simulasi”, tutur Pj Bupati Paskalis. 

Bagi Pj Bupati Paskalis, dengan adanya kegiatan ini sangat membantu para peserta untuk lebih awal memahami segala proses pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem CAT. Pasalnya, ini juga menjadi salah satu faktor kelulusan bagi para peserta ujian. 

“Fakta yang terjadi bahwa dari seleksi ke seleksi yang dilaksanakan yang lulusan CPNS atau P3K adalah mereka yang baru usai mengejang pendidikan atau baru lukus kulia yang masih penuh enerjik, karena mereka lebih dekat dengan akses IT ini”, jelas Pj Bupati Paskalis. 

Untu itu, Ia meminta agar para peserta yang mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini agar dapat mengikutinya secara baik, sehingga pada saat ujian sesungguhnya nanti dapat berjalan dengan baik. Dan kuota formasi 2576 yang diberikan pemerintah pusat itu dapat terisi semuanya. 

“Kekurangan pegawai kita itu 4 ribuan. Dan tahun ini kita mendapatkan alokasi formasinya CPNS dan P3K sebanyak 2576 minus 13 formasi kesehatan jadi total 2563 formasi yang harus di rebut di bulan Juli 2024 ini”, tandas Pj Bupati Paskalis. 

Turut hadir, Ketua DPRD Lembata Peteus Gero, Tim BKN Regional X Denpasar, dan Jajaran pegawai BKPSDM Lembata. 

Kegiatan diakhir dengan memantau hasil ujian simulasi pada sesi ke enam yang juga menjadi sesi terakhir pelaksanaan simulasi CAT hari pertama. (Diskominfo Lembata)