Hadiri HUT IBI Ke 73 Pj Bupati Lembata : Gunakan Pendekatan Pentahelix Hadapi Krisis Iklim

0
16

Lembata- Penjabat Bupati Lembata, Paskalis Ola Tapo Bali, A.P.,M.T, menghadiri puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang diselenggarakan IBI Cabang Kabupaten Lembata, di Aula Anton Enga Tifaona, Selasa (2/7/2024).

Perayaan puncak HUT IBI tahun ini mengusung tema “Peran Bidan Dalam Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi”.

Turut dihadiri dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Lembata Petrus Gero, S.Sos, Plh. Sekda Irenius Suciady, Kepala Dinas Kesehatan, Para Camat, Ketua IBI Cabang Lembata Rosdalima dan para Bidan se-Kabupaten Lembata.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Paskalis mengatakan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) memiliki peran penting dan strategis dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di daerah ini.

Bagi Pj Bupati, dalam pencapai pelayanan kesehatan yang berkualitas tak sebatas pada peringatan HUT yang dilaksanakan setiap tahunnya, tetapi IBI yang notabene adalah oraganisasi kemasyarakatan juga perlu melakukan pendekatan-pendekatan yang membawa perubahan sosial yang signifikan bagi masyarakat. 

“Para bidan juga harus mampu melakukan Pendekatan pentahelix (pendekatan perubahan sosial) yang memanfaatkan lima pilar utama untuk bersinergi dan berkolaborasi baik itu Pemerintahan, Akademisi, Komunitas, Dunia usaha dan Media”, jelas Pj Bupati Paskalis. 

Karena itu para bidan dituntut untuk mampu menjadi penggerak dan jembatan bagi pembangunan kesehatan itu sendiri. 

Selain itu pula, Pj bupati Paskalis juga mengajak para bidan untuk memaknai tema yang diangkat pada HUT ke 73 IBI tahun ini. Di mana tema terkait peran bidan dalam sistem ketahanan pada krisis iklim merupakan isu global yang saat ini sedang digencar penanganannya di seantero dunia. 

“Perubahan iklim atau krisis iklim merupakan isu global, yang mengarah pada selamatkan lingkungan maupun selamatkan makhluk hidup seluruhnya di planet bumi ini. Oleh karena itu, kita diajak untuk menyusun dalam rencana-rencana pembangunan daerah harus memperhatikan isu-isu tersebut”, ujar Pj Bupati Paskalis. 

Terkait hal itu, Pj Bupati menuturkan bahwa Pemda Lembata sendiri telah menjabarkan dalam RPJPD dan RPJMD maupun RKPD, sehingga dalam penanganannya pun dapat dilakukan secara optimal. 

“Kita juga akan gaungkan isu tersebut di saat HUT ke 25 Otonomi Kabupaten Lembata. Kita akan libatkan seluruh stacholder untuk berpartisipasi dan berkolaborasi menghadapi ancaman krisis iklim ini”, tutur Pj Bupati Paskalis. 

Lebih lanjut, Pj Bupati Paskalis juga mengingatkan para bidan di kabupaten Lembata untuk lebih selektif dan cerdas ketika menggunakan media sosial (medsos). Sebab saat ini banyak pengaduan masyarakat akan beredarnya foto dan video syur dari kalangan ASN di lingkup Pemkab Lembata. 

“Saya minta untuk hati-hati dan sudahi semuanya. Yang ASN akan diberikan sangsi (BAP) sesuai UU ASN jika melakukan pelanggaran. Terkait ini kepala Puskesmas tolong perhatikan dan mengontrol etika stafnya di bawah, karena nilai dasar kita itu adalah berakhlak. Artinya kita harus bertindak sesuai itu, dan harus diinterpretasikan dalam kehidupan dan kinerja kita sebagai pelayan masyarakat”, pinta Pj Bupati Paskalis. 

Pj Bupati Paskalis berharap, pada puncak perayaan HUT ke 73 IBI ini mudah-mudahan IBI dapat semakin maju, berkembang dan profesional dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat maupun kepada para anggota. 

Pj Bupati Paskalis juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada 448 anggota IBI Kabupaten Lembata atas pengabdian yang luar biasa dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di 144 desa, dan 7 kelurahan serta 3 rumah sakit di kabupaten Lembata. (Diskominfo Lembata)