Pj Bupati Matheos Tan : Guru Penggerak Jadi Motor Penggerak Pendidikan Lembata

0
31

Lembata– Penjabat Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, M.M, yang didampingi Asisten I Sekda Iren Suciadi, melakukan audiensi bersama Guru Penggerak bertempat di ruang rapat Bupati, Kamis (16/5/2024). 

Pj Bupati Matheos dalam arahan singakatnya mengatakan pendidikan adalah kunci bagi kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, dirinya sangat mengapresiasi para guru yang telah dengan gigih mendidik generasi kita.

“Dalam era yang penuh dengan tantangan dan perubahan seperti saat ini, kita memerlukan guru-guru yang tidak hanya mampu mengajar, tetapi juga menjadi inspirasi bagi siswa-siswa kita.,” ucap Bupati Matheos. 

Karena menurutnya, keberhasilan seorang anak itu juga ditentukan sekolah. Karena itu, pembelajaran tak hanya pada peserta didik saja, namun para guru juga perlu memperkaya pengetahuan. 

“Guru-guru juga harus belajar maupun kursus dari pembelajaran google classroom. Bagaimana kita harus memiliki kemampuan menjadi seorang guru penggerak yang harus memiliki inovasi yang baru pada siswa kita di Lembata ini. Karena saya temukan di Lembata ada anak yang sudah SMP tidak dapat membaca”, tuturnya. 

Selain itu lanjut Bupati Matheos, sistem pendidikan dengan penerapan kurikulum merdeka belajar, pemenuhan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, peningkatan kualitas tenaga pendidik sampai kelengkapan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar antara kota dan desa yang seimbang. 

“Mutu pendidikan itu bukan berada pada gedung sekolahnya, tetapi SDM yang dihasilkan oleh sekolah itu sendiri”, tandas Bupati Matheos. 

Untuk itu, Program guru penggerak kata Matheos, menjadi program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran, dan berkomitmen untuk menambah jumlah guru penggerak dan mengembangkan, karena melalui program ini nantinya akan membawa perubahan yang baik untuk guru guru dan khususnya untuk pendidikan di Kabupaten Lembata. 

“Guru penggerak nantinya untuk ditempatkan sebagai pengawasan pendidikan, yang mampu mendorong pelatih bagi guru yang lain, menjadi teladan dan agen tranformasi bagi pendidikan dan mendorong tumbuh kembang murid secara holistik”, pungkas Pj Bupati Matheos.

Turut hadir beberapa Pimpinan OPD, Kepala BKPSDM, Kepala BKAD, Para Pengawas Sekolah dan perwakilan  Guru-guru Penggerak. (Diskominfo Lembata)