KPU Lembata Lantik 45 PPK, Pj Bupati Matheos Tan: Kalian Ujung Tombak Suksesnya Pilkada 2024

0
20
Oplus_0

Lembata – Penjabat Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, M.M, menghadiri pelantikan 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada November 2024 mendatang. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji yang digelar KPU Lembata itu dilaksanakan di Aula KPU, Kamis (16/5/2024).

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lembata No : 511 Tahun 2024 Tentang Penetapan dan Pengangkatan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lembata. 

Hadir pada pelantikan tersebut, Ketua KPU Lembata, Hermanus Haron Tadon, Ketua Bawaslu Lembata, Thomas Febry Bayo, Kadis Kominfo Petrus Demong, Sekertaris Kesbangpol Faisal, Para Camat dan Rohaniwan pendamping serta para PPK yang akan dilantik.

Pj Bupati Lembata Matheos dalam sambutannya mengatakan, di tahun 2024 kita menyelenggarakan pesta demokrasi secara serempak. Dan ini menjadi pekerjaan besar dan berat bagi semua kita dalam menentukan masa depan Bangsa dan daerah ini. 

Untuk itu Pj Bupati Matheos meminta agar berkaca dari kesuksesan pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang baru usai itu. 

“Saya percaya kita juga akan mampu menyukseskan Pilkada Lembata yang aman dan damai di Bulan November mendatang”, ucap Bupati Matheos. 

Di waktu tersisa ini, sambung Pj Bupati Matheos, agar dapat dimanfaatkan secara baik guna meningkatkan kapasitas dan teknis persiapan, sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar. 

“Saya minta agar di waktu tersisa ini, kita dapat memperbaiki kekurangan, dan menyelesaikan masalah – masalah yang belum terselesaikan sebelum Pilkada itu berlangsung”, pinta Pj Bupati Matheos. 

Lebih lanjut, Pj Bupati Matheos, PPK merupakan perpanjangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan akan melaksanakan kebijakan-kebijakan organisasi di tingkat kecamatan. 

“Sebagai petugas PPK saudara saudari memiliki tugas yang sangat penting dalam pelaksanaan Pilkada 2024. Karena PPK dalam melaksanakan tugasnya sebagai sebagai perpanjangan dari KPU, dan ujung tombak suksesnya Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Lembata”, tandas Bupati Matheos. 

45 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan yang akan dilantik

Harapannya, seluruh anggota PPK yang baru saja dilantik untuk selalu berkoordinasi dengan semua komponen penyelenggara Pilkada. Jaga amanah yang dipercayakan, bersikap profesional, tidak berpihak pada salah satu partai, kelompok ataupun pasangan calon”, harap Bupati Matheos. 

Tak hanya itu, Pj Bupati Matheos juga menyampaikan ucapan selamat dan Profisiat kepada seluruh anggota PPK yang telah dilantik.

Sementara itu, Ketua KPU Lembata, Hermanus Haron Tadon, menyampaikan, saat ini KPU Lembata sedang mengelola tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan dan pembentukan panitia ad hock, yakni PPK dan PPS yang menjadi garda terdepan sukses dan tidaknya Pilkada mendatang. 

“Hari ini kita melantik anggota PPK terpilih setelah melewati seleksi yang ketat. Untuk itu saya atas nama KPU Lembata mengucapkan profisiat dan selamat bekerja, semoga teriring doa menyukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati Lembata”, ungkap Tadon. 

Melalui pelantikan PPK se- Kabupaten Lembata ini, Ia menegaskan agar PPK dapat bekerja dengan penuh amanah, jujur dan adil. Sehingga demokrasi dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Lembata. 

“Sebagai anggota PPK harus mengendapkan itegritas, Profesionalitas, akuntabilitas, dan loyalitas terhadap hierarki dalam pengelolaan tahapan Pilkada di tingkat kecamatan”, tandasnya. 

Tadon juga berharap kepada seluruh PPK Kecamatan dapat bekerja dengan sungguh-sungguh serta menjujung semangat Taan Tou. 

Sebagai informasi, Setelah pelantikan, 45 anggota PPK itu akan bertugas di 9 Kecamatan dengan masing-masing kecamatan ada lima anggota PPK. (Diskominfo Lembata)