Tekan Inflasi Daerah, Pj Bupati Lembata Matheos Tan Buka Gerakan Pangan Murah

0
40

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata menggelar pangan murah. Aneka sembako pun bisa dibeli dengan harga terjangkau di bawah harga pasaran.

Gerakan pangan murah ini digelar guna menjaga stabilisasi pasokan dan harga
pangan, serta menekan inflasi yang terjadi di seanteeo Indonesia. Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Lembata, Dra. Matheos Tan, M.M, saat membuka secara resmi Gerakan Pangan Murah (GPM) di Tanman Kota Lewoleba, Kabupaten Lembata – NTT, Rabu, (15/5/24).

Kata Pj Bupati Lembata Matheos, pangan merupakan kebutuhan pokok skaligus esensi kehidupan manusia. Oleh karena itu, pemerintah bertangung jawab mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat yang notabene sebagai penyelenggara produksi dan penyedia perdangangan.

“Pemerintah menyelenggarakan pengaturan,
pembinaan, pengendalian dan pengawasan
terhadap ketersediaan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, bergizi, beragam, berimbang dan aman serta terjangkau oleh daya beli masyarakat” ungkap Pj Bupati Tan.

Menurutnya, saat ini kabupaten Lembata dan Indonesia sedang menghadapi fluktuasi harga
pangan yang mengakibatkan ketidakpastian
harga pangan baik di tingkat produsen maupun konsumen yang tentunya mempengaruhi daya beli masyarakat, di mana dapat mengurangi jangkauan masyarakat terhadap pemenuhan pangan pokok dan strategis.

Untuk itu, perlu ada upaya-upaya konkrit yang harus kita lakukan, salah satunya adalah melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) ini, dengan harga bahan pangan sebagai berikut :
a. Beras SPHP: Rp. 57.500/5 Kg.
b. Bawang Merah Rp. 45.000/Kg.
c. Bawang Putih : Rp. 50.000/Kg.
d. Cabe Merah Kriting: Rp. 55.000/Kg.
e. Cabe Rawit Merah: Rp. 50.000/Kg.
f. Telur Ayam Ras: Rp. 65.000/Papan.
g. Minyak Goreng : Rp. 24.000/Liter.
h. Gula Pasir : Rp. 17.000/Kg.
i. Terigu : Rp. 13.000/Kg.
j. Beras Sorgum Rp. 15.000/Kemasan (300
gram).

Lebih lanjut, Pj Bupati Mateos juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang menyelenggarakan kegiatan ini.

“Saya ucapkan terima kasih juga kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini: Perum Bulog Cabang Larantuka, Pelni Mart Cabang Lewoleba, Bank NTT Cabang Lewoleba, Kelompok Tani Bawang dan Cabe, Para Pelaku Usaha, dan Sembilan Naga Event Organizer, yang sudah berkolaborasi menghadirkan Gerakan Pangan Murah (GPM) ini”, ucapnya.

Pj Bupati juga berharap agar kegiatan ini berjalan dengan sukses, sehingga dapat membawa manfaat bagi ketahanan pangan masyarakat di Kabupaten Lembata tercinta ini.

Sebagai informasi, Pantauan media di lokasi kegaiatan warga yang mengikuti pasar murah tampak antusias. Dan terlihat di halaman kota tersebut ada beberapa lapak UMKM yang turut meramaikan pasar murah. Tak hanya sembako, ada pula produk olahan pangan lainnya yang dijajahkan.