Pj Bupati Matheos Tan: Gerakan Merdeka Belajar Jadi Roh Pendidikan Di Lembata

0
25

Penjabat (Pj) Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, M.M memimpin Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Tahun 2024 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Lembata, pada Kamis, (2/5/2024).

Pj Bupati Lembata Matheos Tan dalam sambutannya mengatakan, Peringatan Hari Pendidikan Nasional ke-65 tahun ini mengambil tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar. Untuk itu, Pemerintah terus mendorong transformasi sistem pendidikan melalui gerakan Merdeka Belajar dengan fokus utama mengatasi krisis pembelajaran di Indonesia, NTT dan Kabupaten Lembata sendiri.

“Tema ini adalah ajakan bagi kita semua untuk menjadikan Peringatan Hari Pendidikan Nasional ke-65 ini sebagai momentum menggerakkan segenap elemen bangsa untuk bersama-sama melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar”, ungkap Pj Bupati Matheos.

Bagi Pj Bupati Matheos, saat ini teknologi menjadi paradigma baru yang berperan swbagai penggerak transformasi sistem pendidikan. Karena itu, Gerakan Merdeka Belajar menjadi upaya dalam mendorong sistem pendidikan yang kompeten dan mencerminkan profil Pelajar Pancasila.

“Gerakan Merdeka Belajar merupakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan memberdayakan siswa untuk bereksplorasi. Sementara para guru dilatih agar lebih berdaya guna bergerak bersama kepala sekolah untuk menciptakan kurikulum terbaik sesuai karakteristik sekolah dan kebutuhan siswa”, ujar Pj Bupati Matheos.

Pj Bupati Matheos juga menyoroti berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan di daerah ini yang begitu komplek. Mulai pada kompleksitas masalah guru, pembentukan karakter para peserta didik dan sangat berpengaruh pada mutu pendidikan di kabupaten ini.

“Pandai dan terampil saja tidak cukup, kalau budi pekerti kurang baik. Kita perlu membangun karakter anak-anak melalui pendidikan, sehingga dalam diri mereka hidup nilai-nilai etika, nilai-nilai sopan-santun, nilai-nilai kejujuran, nilai-nilai kedisiplinan, nilai-nilai optimisme, dan nilai-nilai kerja keras, agar mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan global yang dinamis dan beragam saat ini”, tandas Pj Bupati Matheos.

Untuk itu, Pj Bupati Berharap agar di momentum Peringatan Hari Pendidikan ke 65 Tahun ini menjadi semangat meneguhkan kembali roh pendidikan di Kabupaten Lembata melalui Gerakan Merdeka Belajar.

Tak hanya itu, Pj Bupati Matheos juga meminta agar kita bersama-sama satukan tekad, padukan spirit membangun dunia pendidikan di daerah ini agar mampu melahirkan generasi muda Lembata yang hebat, generasi muda Lembata yang unggul dan kompetitif yang senantiasa berbakti kepada bangsa dan negara.

Untuk semuanya itu, Pj Bupati Mathe menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para tenaga pendidik yang telah memajukan dunia pendidikan di daerah ini.

“Saya memberikan apresiasi kepada para guru dan segenap tenaga kependidikan yang sudah memajukan dunia pendidikan di daerah ini”, tutup Pj Bupati Matheos.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Forkopimda Kabupaten Lembata, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekretaris Daerah, para Pimpinan OPD, para Pimpinan Instansi Vertikal, para Pimpinan Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank, para Korwas SMA/SMK/SLB, Ketua PGRI Cabang Lembata, para Pejabat Struktural dan Fungsional, para Guru dan Tenaga Kependidikan, para Pegawai Aparatur Sipil Negara dan PPN-PNS, Siswa/siswi TK, SD, SMP dan SMA.

Sebagai informasi, Dengan kemampuan sumber daya yang ada, Pemda Lembata terus berupaya meningkatkan sektor pendidikan di Kabupaten Lembata melalui berbagai intervensi program dan kegiatan, di mana pada tahun 2023 kita mengalokasikan anggaran sebesar 24,20% dari APBD dan pada tahun 2024 ini meningkat menjadi 26,35% di mana melampaui batas Mandatory Spending bidang pendidikan minimal 20%. Dari segi Fasilitas Pendidikan saat ini kita memiliki 142 PAUD, 160 SD dan 52 SMP baik negeri maupun swasta.