Bank NTT Lewoleba Beri Dana CSR Bantu Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar di Lembata

0
31
Oplus_0

Lembata– Bank NTT Cabang Lewoleba memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar 150 Juta kepada kelompok Budi Rahmat. Bantuan yang diberikan sebagai bentuk dukungan kegiatan budidaya ikan air tawar di Kabupaten Lembata.

Bantuan tersebut diberikan kepada pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Lembata, yang merupakan pendamping kelompok Budi Rahmat sebagai kelompok budidaya ikan air tawar di kabupaten Lembata yang dibentuk pada tahun 2021 lalu. 

Untuk itu, Penjabat Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, saat menerima penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) 150 Juta dari Bank NTT Cabang Lewoleba di ruang rapat Dinas Perikanan Lembata, Rabu, (3/4/24) mengharapkan, agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, demi kemajuan dan kelangsungan kelompok ke depannya. 

Bagi Pj Bupati Matheos, dengan adanya bantuan CSR dari Bank NTT ini, dapat mendorong kelompok Budi Rahmat untuk mengembangkan usaha warung makan pecel lele di kota Lewoleba, sehingga tidak hanya sebatas pada pembudidayaan beni ikan lele saja. 

“Nanti di Lokasi Wulen Lou dibuat Rumah Makan Pecel Lele, biar nanti kita dan masyarakat bisa mencicipi di sana. Pak Camat tolong ditata bangunan yang ada agar indah, dan orang yang berkunjung juga dapat menikmati suasana”, pinta Pj Bupati Lembata.

Pj Bupati Matheos juga menyoroti sarana dan prasarana yang digunakan oleh kelompok dalam melakukan budidaya ikan Lele. Hal ini mengingat ikan air tawar jenis lele berbeda dengan ikan air tawar lainnya, karena tidak memerlukan waktu dan tenaga ekstra dalam pembudidayaannya. 

Menurut Pj Bupati Matheos, Bank NTT sudah banyak membantu masyarakat dan pemda Lembata dan karena itu dirinya mengucapakan terimakasih dan berharap dukungan ini tetap dilakukan demi peningkatan PAD dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bank NTT Cabang Lewoleba, Joel Obaja Lakapu, mengungkapkan pihaknya selalu memberikan dukungan kepada pengembangan  UMKM masyarakat Lembata dan tetap membantu pemerintah dalam meningkatkan PAD.

Ia berharap Kabupaten Lembata akan menjadi satu pilihan destinasi wisata unggulan di Nusa Tenggara Timur.

“Semoga ini menjadi momentum kebangkitan kemitraan Bank NTT selaku pembina, pengelola kelompok usaha baik pertanian maupun perikanan maupun mitra pemerintah dalam menghimpun PAD bisa terus kita kolaborasi bersama.” Tuntas Obaja.

Lebih jauh Obaja mengungkapkan pihak Bank NTT sudah melakukan pembenahan parkir di Pintu masuk Pelabuhan Lewoleba dan akan membenahi live sistem parkir di RSUD Lewoleba, Pasar TPI dan Kantor Camat Nubatukan.

“Kita juga sudah menjajaki kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, untuk menemani jasa pelayanan agar bisa membantu peningkatan PAD Kabupaten Lembata”, ungkap Obaja.

Kepada kelompok Budi Rahmat, Obaja berpesan agar memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin karena bantuan CSR Bank NTT Cabang Lewoleba hanya sebagai stimulus pengembangan usaha.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan, Hadi Umar, Camat Nubatukan, Dion Wutun, dan Ketua serta  Anggota Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Budi Rahmat. (Diskominfo Lembata)