Pj Bupati Lembata Salurkan Zakat Baznas Bagi Kaum Miskin dan Anak Yatim

0
27

Lembata – Penjabat Bupati Lembata Drs. Matheos Tan,M.M, secara simbolis menyalurkan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lembata kepada keluarga tidak mampu di Aula Kantor Urusan Agama Kabupaten Lembata, Rabu, (3/4/24).

Turut hadri dalam kegiatan tersebut, Kepala Kemenag Lembata H. Ishak Sulaiman, Kepala Baznas Lembata H. Mansyur Masan, Camat Nubatukan Dionisius Wutun, dan para penerima zakat. 

Penjabat Bupati Lembata Matheos dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan sedikit kelebihannya melalui Baznas, sehingga pada hari ini masyarakat Lembata sedikit pula terbantu dari zakat yang disalurkan oleh Baznas Lembata. 

“Atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Baznas Kabupaten Lembata yang terus berupaya mengembangkan kepedulian dan perhatian terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini”, ucap Pj Bupati Mtheos. 

Menurut Pj Bupati Matheos,  Zakat tidak hanya berdimensi pada ibadah saja, tetapi juga berdimensi sosial dan ekonomi. Sebab, melalui zakat yang disalurkan mampu mengatasi permasalahan kemiskinan dan stunting yang dialami masyarakat.

Baginya, Pemerintah Kabupaten Lembata terus berupaya melakukan berbagai mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan infrastruktur pendukung, peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi kerakyatan. 

Namun demikian, sambung Pj Bupati Matheos, perlu diperhatikan bahwa upaya ke arah itu tidak hanya sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi sangat diperlukan sekali partisipasi, dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat.

“Pada kesempatan ini saya minta dukungan dari kita semua, dari tokoh-tokoh agama, Baznas, para ustad dan kiai agar bersama-sama dengan Pemerintah Daerah mengatasi berbagai permasalahan masyarakat saat ini”, pinta Pj Bupati Matheos. 

Untuk itu, Pj Bupati Matheos berharap kepada Baznas Lembata agar dapat menyalurkan zakat tepat sasaran dan berkelanjutan serta terus gulirkan kepada masyarakat miskin lainnya yang masih membutuhkan. 

Tak hanya itu, Pj Bupati Matheos juga meminta kepada masyarakat agar tidak melihat dari jumlah bantuan yang diterima, namun dapat dilihat dari makna kepedulian dan rasa kebersamaan. Oleh karen itu, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga benar-benar bermanfaat bagi kita.  

“Zakat yang diberikan ini adalah beras. Saya minta jangan hanya memakan beras saja. Tetapi juga konsumsi makanan lokal yang ada disekitar kita”, pinta Pj Bupati Matheos. 

Sebagai informasi, total zakat dari Baznas yang akan distribusikan sebanyak 2,5 ton, dengan sasaran 500 penerima yang tersebar seluruh masjid di kota Lewoleba. (Diskominfo Lembata)