Penjabat Bupati Lembata Resmikan Program Air Minum Bersih di Desa Nubahaeraka.

0
10

Program penyediaan air bersih dari sumber mata air Wai Wuw di Desa Nubahaeraka dan sekitarnya telah diresmikan Penjabat Bupati Lembata, Drs. Matheos Tan, M.M. Senin 25 Maret 2024. Acara peresmian ini ditandai dengan memutar kran air.
Peresmian ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat Desa Nubahaeraka, Desa Lusilame, Desa Lerek, Desa Lewogroma, dan Desa Nuba Atalojo, Desa Atakore.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Matheos Tan menyampaikan rasa syukur karena adanya sumber air yang dekat dan mencukupi untuk kebutuhan dasar seperti masak, mandi, dan cuci. Sebelumnya, masyarakat di daerah tersebut harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan air bersih, memerlukan waktu dan tenaga yang cukup besar. Matheos Tan juga menekankan pentingnya menjaga dan merawat infrastruktur air bersih yang sudah ada, serta mengusulkan pembentukan tim pengelola mulai dari sumber mata air hingga penyaluran kepada masyarakat.

“Saya minta Bapa Desa membentuk tim yang baik dan benar-benar dapat mempertanggungjawabkan tata cara pelaksaan sehingga mulai dari air ini diambil sampai penyalurannya dijaga dan dilestarikan” ungkap Matheos Tan.

Program ini menelan anggaran sebesar 1.7 miliar rupiah, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) II Tahun Anggaran 2023.

Anggaran sebesar ini, diharapkan Penjabat Bupati dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Nubahaeraka dan sekitarnya yang selama ini kekurangan air bersih. kedepan direncanakan jaringan yang ada diperluas ke lima desa sekitar.

Hadir dalam acara tersebut , Anggota DPRD Kabupaten Lembata, Asisten I, Pimpinan OPD, Direktur PDAM serta para kepala desa dan kepala BPD se Kecamatan Atadei.