Penjabat Bupati Matheos Buka FGD Lembata Dalam Angka Tahun 2024

0
30

Lembata – Ketersediaan data dan informasi yang akurat akan memberikan dasar dan landasan arahan yang akurat bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang tepat sasaran. 

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, M.M, saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan publikasi Kabupaten Lembata dalam angka tahun 2024, yang di laksanakan di Aula Ballroom Olimpic, Kamis, 29 Februari 2024.

Pj Bupati Matheos dalam sambutannya menyampaikan tiga hal penting dari data yang benar dan baik, sehingga gambaran umum informasi tentang Kabupaten Lembata dapat diketahui baik oleh masyarakat Lembata maupun masyarakat di luar Kabupaten Lembata, yakin;

Pertama, dengan menyajikan data yang akurat tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi investor untuk berinvestasi di Kabupaten Lembata. Dan dari data yang berkualitas pula dapat membantu pemenuhan kebutuhan para konsumen data. 

Kedua, sambung Pj Bupati Matheos, bahwa publikasi Kabupaten Lembata dalam angka adalah dokumen penting bagi perencanaan daerah untuk merumuskan kebijakan- kebijakan yang strategis terkait kondisi dan capaian pembangun di Lembata terkini dan mendatang. 

Ketiga, dengan data yang akurat menjadi acuan Pemerintah Pusat dalam pengalokasian anggaran bagi kabupaten Lembata terkhusus pada pengalokasian Dana Alokasi Umum (DAU). 

Untuk itu, Pj Bupati Matheos mengharapkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak untuk berkontribusi memberikan data yang berkualitas yang akan dikompilasi oleh BPS. Data ini diharapkan dapat menjadi dasar kebijakan yang tepat guna untuk pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Lembata. 

“Saya minta seluruh pimpinan OPD untuk mendukung Ibu Felixia Kepala BPS, sehingga data yang dipublikasikan nanti adalah data  yang benar, baik dan dapat dipertanggungjawabkan”, pinta Pj Bupati Matheos. 

Pj Bupati Matheos juga berpesan agar para peserta FGD dapat memberikan saran dan masukan terkait kelengkapan dan keakuratan data, agar data yang disajikan benar-benar faktual dan berkualitas. Dikarenakan data yang akan dipublikasikan adalah gambaran umum informasi tentang kabupaten Lembata. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Kominfo Petrus Demong, Kadis Perhubungan Jhon Arimon, Plt Kabag Pemerintahan Setda Pace Punang, dan para Narasumber serta Peserta Kegiatan FGD. 

Sebagai informasi, BPS Lembata juga memberikan penghargaan kepada instansi-instansi yang cepat dan responsif menyediakan data kepada BPS Lembata, yakni; Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata sebagai juara pertama, Badan Kepegawaian Daerah sebagai juara kedua dan diikuti PT PLN Kabupaten Lembata sebagi juara tiga. (Diskominfo Lembata)