Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Pemda Lembata Dengan Kejaksaan Negeri Lembata

0
8

Senin, 12 Feberuari 2024 bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Lembata dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata dengan Kejaksaan Negeri Lembata. Kerjasama ini dimaksudkan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam pengawasan dan penanganan kasus di bidang hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.

Kepala Kejaksaan Negeri Lembata, Yupiter Selan,S.H,M.Hum menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Lembata karena telah adanya nota kesepahaman. Menurutnya dengan adanya nota kedepahaman maka Kejaksaan selaku jaksa pengacara negara akan bertindak untuk dan atas nama Pemda Lembata jika ada gugatan – gugatan hukum. Selain itu, kejaksaan juga hadir dalam tindakan – tindakan preventif dalam pengawasan, pendampingan dan konsultasi.

Dengan adanya nota kesepahaman ini maka semua Organisasi Perangkat Daerah yang membutuhkan pertimbangan dan bantuan hukum dapat mengajukan permohonan kerjasama dengan kejaksaan, ungkap Yupiter Selan.

Penjabat Bupati Lembata, Drs Matheos Tan M.M dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Lembata bersama tim yang sudah bekerjasama menghasilkan nota kesepahaman. Nota kesepahaman ini menurut Matheos adalah edukasi kepada Pemda dan masyarakat dalam rangka pembinaan hukum dan menjaga ketertiban administrasi negara.

Pemda memiliki banyak masalah terkait aset, status tanah yang telah dibangun sekolah dan Puskesmas. Selain itu banyak proyek Pemda yang membutuhkan pendampingan pihak kejaksaan, kata Matheos Tan.