Pj Bupati Matheos Hadir Syukuran Akreditasi UPTD Puskesmas Hadakewa

0
23

Lembata – Penjabat Bupati Lembata mengadiri syukuran Akreditasi Tingkat Paripurna dari Kementerian Kesehatan RI, kepada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Hadakewa, Kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa, 23 Januari 2024.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kaban Kesbangpol, Plt. Sekertaris Dinas Kesehatan, Plt. Kasat Pol PP, Camat Lebatukan, Beberapa Kepala UPTD Puskesmas, Para Kepala Desa di Kecamatan Lebatukan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Lebatukan.

Dalam sambutan Pj Bupati Matheos mengatakan, pencapaian tingkat yang luar biasa ini tentu melewati tahap dan proses yang panjang. Untuk itu, Pj Bupati menyampaikan apresiasi ynagbtinghi kepada Kepala UPTD, Seluruh Nakes dan masyarakat Lebatukan yang telah berkontribusi pencapaian akreditasi tingkat paripurna tersebut.

“Atas nama Pribadi dan Pemerintah saya sangat mengapresiasi kinerja dan pengorbanan bapak dan ibu sekalian. Kita patut berbangga, dan bersyukur atas prestasi ini”, ungkap Pj Bupati Matheos.

Menurut Pj Bupati Matheos, akreditasi ini menjadi pengakuan terhadap mutu pelayanan, faskes tingkat pertama. Karena bagi Pj Bupati, predikat ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen, mutu pelayanan yang diterapkan di UPTD Hadakewa ini sebagai faskes tingkat pertama.

Pj Bupati Matheos juga menegaskan, bahwa setiap 5 tahun akan dilakukan re-akreditasi. Oleh karena itu, sebagai tenaga kesehatan dituntut memberikan pelayanan yang super prima bagi masyarakat Lebatukan ke depan. Baik SOP maupun SDM Nakes yang profesional terhadap tugas.

“Pelayanan prima, artinya tepat waktu datang kantor, tepat waktu melayani dan tepat waktu memberi obat-obatan, serta tepat waktu jika kunjungan ke desa-desa”, tegas Pj Bupati Matheos.

Lebih lanjut, Pj Bupati Matheos, terkait akreditasi Paripurna yang diterima UPTD Puskesmas Hadakewa, mengungkapkan, upaya peningkatan mutu pelayanan yang sudah terus dilaksanakan. Sedangkan dari sarana, prasarana akan terus dilakukan peningkatan.

“Perbaikan juga terus dilakukan mulai dari gedung. Seperti kenyamanan di ruang tunggu pasien dan seluruh poli, kemudahan layanan pendaftaran pasien, dan penambahan alat kesehatan dan loundry” kata Pj Bupati Mateos.

Dikatakan Pj Bupati Matheos, selain UPTD Puskesmas yang tersebar di wilayah Lembata, Pemda juga memiliki Rumah Sakit Umum Daerah dengan tipe C, dan predikat akreditasi paripurna. Oleh sebab itu, Pj Bupati mengharapkan agar koordinasi antara UPTD degan pihak rumah sakit terus terjalin, sehingga mampu meningkatkan kesehatan masyarakat Lembata secara umumnya. Diskominfo Lembata)