Pj Bupati Lembata Ingatkan Kades Harus Transparan Kelola ADD

0
15

Lembata – Penjabat Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, M.M, melantik Kepala Desa Antar Waktu Desa Loyobohor, Lambertus Lagu menggantikan Yosafat Loyobohor, yang meninggal beberapa waktu lalu. Kegiatan itu bertempat di Kantor Desa Loyobohor, Kecamatan Buyasuri, Rabu, 10 Januari 2024.

Hadir mendampingi Pj Bupati Lembata Asisten I Sekda Irenius Suciady, Kadis Sosial dan KB Markus Labi, Kepala Bapelitbangda drh. Manto Beyeng, Kadis Pertanian Kanis Tuaq, Kaban Kesbangpol Kanis Making, Kadis PMD Yos Raya, Sekdis Kominfo Paulus Magun, Camat Buyasuri, Plt Kadis Kesehatan Rosa Dalima dan Plt Kadis PU dan Tata Ruang Kar Kaona, serta BPD Loyobohor dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Lembata Matheos Tan, menyampaikan pengunaan dana desa, alokasi dana desa dan pendapatan asli desa serta pendapatan desa lainya yang sah wajib dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin angaran.

Pj Bupati Lembata Drs. Matheos Tan saat melantik Kepala Desa Antar Waktu Desa Loyobohor. 

“Apabila ada kendala segeralah berkonsultasi, sehingga saudara tidak terjerumus dan terhindar dari masalah hukum,” tegasnya.

Untuk itu, Pj. Bupati mengingatkan agar kepala desa untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan kewenangan tersebut, karena penyalahgunaan kewenangan itu akan mudah sekali dideteksi.

Lebih lanjut Pj Bupati juga mengingatkan para Kepala desa di Kecamatan Buyasuri dan seluruh desa di wilayah Lembata, agar dapat menjaga dan menyukseskan pemilu yang akan segera digelar.

“Saya minta para Kepala Desa bisa bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu dalam menyukseskan Pemilu. Pastikan seluruh masyarakat memberikan hak suaranya di TPS”, pesan Pj Bupati Matheos.

Tak hanya itu, Pj Bupati juga meminta agar Kepala Desa mampu menciptakan Inovasi di desa. Terkait hal tersebut, Pj Bupati meminta agar diawali dari hal yang sederhana, seperti pengelolaan pangan lokal. Dengan demikian selain meningkat ekonomi masyarakat juga meminimalisir terjadinya inflasi. 

Sebagai Informasi, dalam kunjungan kerja itu. Pj Bupati Matheos juga meninjau Pasar Balauring, Puskesmas Balauring, Kantor Camat Buyasuri yang mandek pembangunannya, dan Jembatan titian (Jeti) Wairiang serta UPTD Puskesmas Autaqnapoq. (Diskominfo Lembata)