Petrus Manuk Lantik Kepengurusan Kwartir Cabang Lembata Periode 2022-2027

0
46

Lembata– Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs. Petrus Sinun Manuk, melantik ketua dan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten Lembata, di Aula Anton Tifaona, Jumat, (15/12/2023).

Hal ini didasarkan pada Keputusan Kwarda NTT Nomor 019, 020, dan 021 tahun 2023 dengan susunan pengurus Mabicab, Kwarcab, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Lembata masa bakti 2022/2027, yang dinakhodai oleh Penjabat Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, M.M,

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah NTT, Drs. Petrus Sinun Manuk dalam sambutan mengatakan, peristiwa pelantikan yang terjadi hari ini merujuk pada undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Disamping itu juga, sambung Petrus, kita patut menyampaikan terimakasih atas dukungan finansial dari pemerintah daerah, sehingga acara pelantikan yang sempat tertunda sejak bulan Juni kemarin dapat terlaksana hari ini. 

Tambah Petrus, meskipun kwarcab Lembata sempat mengalami masa sulit dalam menjalankan tugasnya membina karakter, namun tidak meluluhkan semangat para pengurus Kwarcab untuk melakukan pembinaan pendidikan karakter, akhlak, dan mental bagi generasi penerus Lembata.

“Dalam catatan kami di kwartir daerah gerakan pramuka NTT, kwartir cabang Lembata mengalami masa sulit dalam melaksanakan tugas pembinaan karakter, moral generasi muda kita”, tutur Petrus.

Petrus juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada para pengurus sementara Kwarcab Lembata, atas dedikasi dan pengorbanannya selama menjalankan tugas dan amanat yang diberikan dengan susah payah, di tengah masa sulitnya Kwarcab Lembata saat itu. Meski di tengah kesulitan, pengurus sementara kwarcab Lembata berhasil menoreh keberhasilan kwarcab Lembata di mata Nasional, dengan gugus depan SMPK St. Pius X Lewoleba yang mewakili Kwarda NTT mengikuti lomba di Cibubur. 

Lebih lanjut, Petrus berharap dengan dilantiknya kepengurusan yang baru, segera menyusun dan merumuskan rencana kerja program prioritas tahunan yang mampu dilaksanakan dengan anggaran Kwarcab yang bersumber dari bantuan pemerintah melalui dana hibah, atau bersumber dari dana lainnya.

Dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang pengurus, sambung Petrus, hendaknya melayani dengan hati tulus dan ikhlas. Karena kerja/tugas yang dilakukan adalah aksi kemanusiaan yang menjujung tinggi semangat pengabdian, persaudaraan, dan sikap peduli terhadap lingkungan hidup sebagai spirit pramuka ” Berbakti Tanpa Henti”.

Tak hanya itu, Petrus juga meminta para pengurus Kwarcab Lembata yang baru saja dilantik, dapat bergandengan tangan bersama pemerintah mengawal, dan menjaga tahapan hingga pemilu yang akan terjadi nanti. Karena, gerakan pramuka merupakan organisasi non politik sebagaimana diatur dalam UU Nomor 12 tahun 2010, tentang gerakan pramuka haruslah terbebas dari berbagai aktivitas politik praktis.

“Saya minta gerakan pramuka tidak boleh berafiliasi dengan kekuatan partai manapun, gerakan pramuka hendaklah berafiliasi dan bekerjasama mendukung KPU dan Bawaslu untuk menjamin terlaksananya Pemilu secara lancar, aman dan damai”, tegas Petrus.

Sementara itu, dalam sambutan Penjabat Bupati Lembata Matheos Tan, yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Lembata yang baru dilantik, menyampaikan ucapan terimakasih kepada ketua Kwartir Daerah NTT yang telah melantik dirinya sebagai ketua Majelis Bimbingan gerakan pramuka Kwarcab Lembata yang baru. 

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lembata, saya mengucapkan terima kasih kepada ketua Kwartir Daerah NTT yang sudah berkenan hadir di Lembata, untuk melantik kami sebagai ketua dan anggota Mabicab Lembata”, ujar Pj Bupati Matheos.

Menurut Pj Bupati Matheos, pelantikan ini menjadi momentum yang memberikan semangat dan meningkatkan kiprah gerakan pramuka di Kabupaten Lembata, dalam mencetak generasi muda sebagai tunas bangsa dalam mengisi kemerdekaan.

Pj Bupati menjelaskan, gerakan pramuka merupakan wadah dengan tujuan mulia pendidikan kepramukaan, untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, serta mempunyai kecakapan terhadap hukum dan disiplin, sebagai modal spirit untuk terus berbakti.

Untuk itu, sambung Pj Bupati Matheos, harus didasarkan pada 4 pilar bangsa sebagai revitalisasi pergerakan pramuka itu sendiri. Terkait hal itu, dalam penyelenggaraan gerakan pramuka memerlukan bimbingan, dukungan serta bantuan baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Tambah Pj Bupati Matheos, berharap dengan pelantikan ini merupakan upaya pemantapan organisasi sistem menajemen dan sumberdaya yang mampu membangkitkan kembali jaya kegiatan kepramukaan tingkat cabang Lembata.

“Saya berharap semua pengurus yang dilantik hari ini, selalu merespon positif dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan Gerakan pramuka di Kabupaten Lembata. Sehingga, dalam menjalankan tugas sebagai pembina dan pendidikan karakter gerakan pramuka semakin mendapatkan perhatian dari generasi muda”, ungkap Pj Bupati Matheos.

Untuk diketahui bersama, Kepengurusan Mabicab Lembata yang baru dilantik adalah; Ketua Pj Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, MM, Wakil Ketua I Ketua DPRD Lembata, Wakil Ketua II Komandan Kodim Flotim, Wakil Ketua III Kepala Kepolisian Resort Lembata, Wakil Ketua IV Ketua Pengadilan Negeri Lembata, dan yang menjabat sekertaris Mabicab adalah Sekda Lembata.

Sedangkan untuk kepengurusan Kwartir Cabang (Kwarcab) Lembata adalah; Ketua Maria Anastasia Bara Baje, dan Wakil Ketua I Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Yohanes Berchamans Dai Wutun, Bidang II Pembinaan Anggota Muda, Ignasius Pana Witin, Bidang III Organisasi dan Hukum, Vianey Andreas Sinu Bediona, dan Bidang IV Keuangan, Usaha Dana dan Sarana Prasarana Adriana Agatha Ose Ubas, serta Bidang V Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Yohanes Gregorius S. Demon.

Sementara itu, untuk kepengurusan Lembaga Pemeriksaan Keuangan Kwarcab Lembata adalah; Ketua Ignasius Ile, Sekertaris Ferdinandus D. Burin, dan Anggota Stanislaus Belida. (Diskominfo Lembata)