Apel HUT Korpri, PJ. Bupati Lembata Minta ASN Junjung Asas Netralitas

0
48

Lewoleba– Pemerintah Kabupaten Lembata menggelar Apel Hari Pahlawan ke 78, Hari Kesehatan Nasional Ke 59, dan Hari Guru Nasional serta Hari Korpri ke 52, yang dipadukan secara daerah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman depan Kantor Bupati Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu, (29/11/23). 

Pj. Bupati Matheos dalam sambutannya mengatakan, apel yang terlaksana hari ini sedikit berbeda dari apel sebelumnya. Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Matheos, karena adanya 4 hari Nasional yang dipadukan dalam apel Hut ke 52 Korpri hari ini. 

Di Hut ke 52 Korpri, sambung, Pj. Bupati Matheos tujuan utama Undang-undang ASN adalah menjadikan ASN yang profesional dan berdaya saing dalam pelayanan publik. Oleh karena itu, sebagai seorang ASN dituntut untuk melakukan reformasi, sehingga tidak lagi menggunakan sistem kerja linier, namun mampu menciptakan nilai-nilai baru yang cepat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. 

Lanjut, Pj. Bupati Matheos, sebagai ASN juga diharapkan agar bersikap profesional dan meningkatkan kedisiplinan serta kinerja, terutama pada pelayanan publik dan kepedulian kepada masyarakat. Terkait itu, perlunya pemantapan fungsi organisasi Korpri sebagai perekat pemersatu bangsa dalam mendukung pembangunan nasional, sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, Korprikan Indonesia. 

Selain itu pula, Pj. Bupati Matheos juga mengingatkan, bahwa saat ini telah memasuki tahun politik. Untuk itu, sebagai seorang ASN harus tetap menjaga asas netralitas terhadap segala kepentingan politik yang terjadi. 

“Saya minta agar kita tetap menjaga asas netralitas, tidak terpengaruh atau berpihak terhadap segala kepentingan politik, sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 18 Tahun 2023, tentang Netralitas bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara”, tegas Pj. Bupati Lembata Matheos.

Apel yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Kabupaten Lembata, Drs. Matheos Tan, M.M, bertindak sebagai inspektur dan Kabag Prokopim Fransiskus Dangku, bertindak sebagai komandan upacara. Turut hadir dalam apel tersebut, Sekertaris Daerah Paskalis Tapo Bali, para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, dan Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Lembata serta para Guru. (Diskominfo Lembata)