Pj. Bupati Lembata Matheos Tan: Pemilih Pemula Harus Cerdas Berpolitik

0
90

Lewoleba – Kegiatan penyuluhan Politik ini mampu meningkatkan kualitas kehidupan politik dan demokrasi, khususnya bagi kaum milenial yang dilandasi oleh semangat dan nilai Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945. Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, M.M saat membuka kegiatan Penyuluhan Politik Masyarakat bagi Pemilih Pemula. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Nubatukan, Kabupaten Lembata, NTT, pada, Kamis, (9/11/23). 

Bagi Pj. Bupati Lembata Matheos pentingnya dilakukan kegiatan tersebut, mengingat pandangan masyarakat tentang politik relatif masih negatif yang disebabkan kurangnya mereka akan pengetahuan politik. Oleh karena itu, pengetahuan dan pemahaman akan politik harus diberikan sedini mungkin. 

”Pendidikan politik sejak dini sangatlah bermanfaat guna memperbaiki mindset masyarakat tentang pentingnya politik bagi kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Politik sangat berpengaruh pada arah kebijakan negara, pembangunan daerah dan tentunya berpengaruh pula pada kesejahteraan masyarakat,” tegas Pj. Bupati Matheos.

Lanjut, Pj. Bupati Matheos berharap, agar melalui kegiatan pendidikan politik ini nantinya akan tumbuh anak-anak yang berkepribadian utuh, berketerampilan sekaligus juga kesadaran yang tinggi sebagai warga negara yang baik, sadar akan hak dan kewajiban serta memiliki tanggung jawab yang dilandasi oleh nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang pada akhirnya, para peserta dapat menjadi agen-agen sosialisasi politik dalam upaya mewujudkan masyarakat yang demokratis, cerdas dan bermartabat.

 “Saya berharap setelah mengikuti kegiatan sosialisasi pendidikan politik ini siswa-siswi juga dapat mensosialisasikan ke lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. Sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula agar bisa memberikan pemahaman yang baik kepada pemilih pemula dalam hal ini siswa-siswi agar nantinya bisa mensosialisasikan ke lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah,” harap Pj. Bupati Matheos.

 Lebih lanjut, Pj. Bupati Matheos juga berharap dengan dilaksanakan kegiatan penyuluhan politik, siswa-siswi mampu memiliki kepercayaan diri, memiliki kecerdasan berpikir, kecerdasan menentukan sikap dan kecerdasan untuk menentukan masa depannya nanti.

“Para murid memiliki tanggung jawab ketika memberikan hak suara Pemilu 2024 dan Saya yakin para siswa-siswi juga memiliki potensi untuk di masa depan baik di bidang pendidikan, pariwisata, ekonomi dan lain-lain.

Harapan kami kedepannya para siswa-siswi memiliki kecerdasan berpikir, kecerdasan menentukan sikap dan kecerdasan untuk menentukan masa depannya nanti,”tegas Pj. Bupati Matheos. 

Pada akhir sambutan, Pj. Bupati berharap para pelajar yang mengikuti Penyuluhan Politik agar dapat menyerap dan memahami materi yang akan diberikan oleh narasumber yang nantinya bisa ditularkan kepada pelajar lainnya serta masyarakat, agar partisipasi masyarakat Lembata pada bidang politik dapat ditingkatkan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kanis Making, para Pimpinan OPD, Camat Nubatukan Dion Wutun, Para Pemateri dari KPUD dan Bawaslu Lembata, serta para peserta kegiatan yang meliputi para Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). (Kominfo Lembata)