Kepengurusan KONI Lembata Dikukuhkan, PJ. Bupati Matheos Minta Kerja Tulus Ikhlas

0
125

Penjabat Bupati Lembata, Drs. Matheos Tan, M.M, menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Badan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lembata oleh Wakil Gubernur NTT Bapak Drs. Josef A. Naisoi, Periode 2023-2027, di Ballroom Olympic pada Senin, (21/08/23).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Lembata, unsur Forkopimda Kabupaten Lembata, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Lembata, Sekretaris Umum KONI NTT Lambertus Ara Tukan, Ketua Umum KONI Kabupaten Lembata dr. Yeremias R. Sunur, M. Biomed,. SpOG.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Kepegurusan KONI Kabupaten Lembata tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor 07 tahun 2023 tentang Pengukuhan Pengurus KONI Kabupaten Lembata, Masa Bakti 2023-2027.

Penjabat Bupati Matheos dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur NTT / Ketua Umum KONI NTT beserta jajaran pengurus KONI NTT. “Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata, saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Drs. Josef Naisoi bersama Jajaran Pengurus KONI NTT dalam rangka Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus KONI Kabupaten Lembata Periode 2023-2027,” Ujar Penjabat Bupati Matheos.

Sambung Penjabat Bupati Matheos bahwa kepengurusan KONI Kabupaten Lembata Periode sebelumnya yaitu 2021-2025 tidak dan belum menjalankan fungsi dan tugas secara optimal. Oleh karena itu, dengan pelantikan pengurus KONI yang baru ini mampu memberikan warna yang baru. Sehingga kepengurusan cabang-cabang olahraga di kabupaten tidak mati suri.

“Kita ketahui bersama bahwa kepengurusan KONI Kabupaten Lembata Periode 2021-2025 tidak dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan optimal. Hal ini sangat berdampak pada terhambatnya pelaksanaan kalender kerja dari cabang-cabang olahraga yang ada,” tutur Penjabat Matheos.

Tambah PJ. Matheos, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022, tentang Keolahragaan, Pemerintah berkewenangan untuk melakukan koordinasi, pengawasan, dan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan keolahragaan di daerah, Salah satunya adalah dengan melaksanakan Musyawarah Olahraga Luar Biasa Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lembata pada tanggal 24 Juli 2023 yang lalu untuk mendapatkan kepengurusan KONI Kabupaten Lembata yang definitif.

“Saya mengucapkan proficiat kepada Ketua Umum bersama segenap Badan Pengurus KONI Kabupaten Lembata Periode 2023-2027 yang dikukuhkan dan dilantik hari ini, Peristiwa hari ini adalah momentum yang sangat penting dan berarti bagi perkembangan dan kemajuan olahraga di Kabupaten Lembata,” Ucap Tan

Selain itu, Pj. Bupati Matheos juga berharap Ketua dan segenap Badan pengurus KONI Kabupaten Lembata yang baru dilantik agar memiliki loyalitas yang tinggi kepada organisasi dan juga harus memiliki niat tulus dalam memajukan prestasi olahraga di daerah ini.

“Saya juga berharap agar KONI Kabupaten Lembata tidak secara kelembagaan tetapi juga dalam pembinaan sehingga dapat mencetak atlet-atlet yang berprestasi,” Harap Matheos

Untuk itu, PJ, Matheos berharap agar menyampaikan program kerja yang terukur, terencana dan komprehensif menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga yang berkesinambungan di daerah ini.

“Serta tidak kalah pentingnya juga adalah terus menjalin hubungan yang baik dengan KONI NTT dan Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Lembata.” Tutu Pj. Bupati Matheos. (Tim Kominfo Lembata)