Sambut 10 Jemaah Haji, Begini Pesan Penjabat Bupati Lembata

0
123

Sebanyak 10 Jemaah haji Kabupaten Lembata akhirnya tiba di kampung halaman. 10 jemaah ini adalah mereka yang telah menjalankan pemenuhan rukun Islam kelima dengan melaksanakan ibadah haji. Setiba di Kabupaten Lembata 10 jemaah haji itu, langsung disambut Penjabat Bupati Lembata, Drs. Matheos Tan, M.M, di aula kantor Bupati, Sabtu, (29/7/23)

Turut hadir dalam kegaitan terbut Kapolres Lembata, AKBP Vivick Tjangkung, Anggota DPRD dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lembata, Ishak Sulaiman serta undangan lainnya dan sanak keluarga yang menyambut kedatangan para 10 jemaah haji tersebut.

Dalam sambutan Penjabat Bupati Lembata menyampaikan semangat dan penghormatan atas perjuangan para jemaah haji dalam menunaikan ibadah di Tanah Suci.

“Penyambutan jemaah haji sebagai wujud syukur, bahwa perjalanan para jemaah dari Kabupaten Lembata berjalan sukses. Mereka menjalankan ibadah haji dengan lancar dan pulang dengan selamat,” ungkap Penjabat Matheos Tan.

Sambung Penjabat Bupati Matheos, bahwa ibadah haji merupakan salah satu ungkapan dari derajat kualitas tauhid yang luhur. Karena itu, menurutnya juga mengandung nilai-nilai universal, yakni nilai sosial, dimana tidak adanya perbedaan umat yang timbul dari keadaan sosial ekonomi, seperti kedudukan ataupun kekayaan. Keadaan ini merupakan latihan hidup yang mengandung nilai edukatif terhadap mental dan sikap ketika kembali ke masyarakat.

Penjabata Bupati Matheos juga berharap agar Haji dan Hajjah yang baru tiba ini dapat menjadi teladan hidup bagi sesama, senantiasa menjaga harmonisasi antar umat beragama, saling menghormati, saling menghargai dan tak kalah penting semangat toleransi antar umat beragama tetap terpelihara dengan baik di tengah masyarakat.

Semoga pengalaman berharga dari ibadah haji ini dapat membawa berkah dan kebaikan bagi masyarakat Lembata, serta memperkuat tali persaudaraan umat Islam di wilayah tersebut. Tak lupa Penjabat Bupati Matheos juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan instansi terkait yang telah membantu jemaah haji daei keberangkatan hingga kembali tiba di Lembata.

“Selamat datang kembali ke tanah air, kembali di Lembata serta berkumpul dengan keluarga, sehat tanpa kurang suatu apapun. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” tutur Penjabat Bupati Matheos. (Tim Kominfo)