PEMKAB Lembata Raih WTP, Begini Pesan Penjabat Bupati Lembata Matheos Tan Kepada ASN

0
132

“Beberapa waktu yang lalu saya diundang oleh BPK ke Jakarta untuk menerima prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Pemerintah Keuangan Daerah (LKPD) tahun 2023 oleh Badan Pemeriksa Kekuangan Republik Indonesia. Ini adalah hasil kerja keras kita semua”. Demikian yang disampaikan Penjabat Bupati Drs. Matheos Tan, M.M saat memimpin apel Kesadaran Lingkup pemerintah Kabupaten Lembata di Halaman depan kantor bupati Lembata, Senin, (19/6/23).

Pj. Bupati Matheos mengatakan dengan peraihan predikat opini WTP dari BPK kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata dapat dipertahankan agar ini menjadi inovasi dan pedoman dalam menyusun serta menyiapkan keuangan daerah sehingga dapat terukur asas manfaatnya.

“Kita patut bersyukur atas peraihan prestasi hasil sinergitas kerja kita bersama. Tentu perian ini mwnajsi pedoman kita akan rencana penyusunan anggaran yang baik dan dapat terukur”, ujar Pj. Bupati Matheos.

Pj. Bupati Matheos meminta para pimpinan OPD, PPK dan PPTK agar sedapat mungkin kembali melihat secara mendalam semua rencana anggaran kegiatan yang telah disusun dalam tahun anggaran 2023. Sehingga tidak terjadi masalah yang tidak kita inginkan di kemudian hari, yang mengakibatkan kita terseret dalam masalah hukum.

“Kita lihat kembali pada tahun sebelumnya, peraihan WTP ini pada tahun 2020 sampai dengan saat ini. Ini berarti sudah 4 tahun berturut-turut kita mendapat prestasi WTP. Namun masih ada saja ada ASN yang terseret masalah hukum karena salah dalam administrasi maupun penggunaan anggaran”, tutur Pj. Bupati Matheos.

Banyaknya ASN yg terseret masalah hukum Pj. Bupati Matheos kembali mengingatkan, bahwa sebagai ASN kita harus mampu bekerja cepat, tepat, benar dan baik. Artinya bahwa apa yang kita kerjakan harus didasarkan pada sumpah dan janji kita sebagai ASN untuk mendedikasikan diri pada kesejahteraan masyarakat.

“Orang kalau kerja cepat tapi tidak benar maka besok dia pasti akan bermasalah. Kita Sudah bersumpah dan berjanji sebagai ASN yang mengabdikan diri sebagai pelayan masyarakat makan harus kita lakukan itu”. Tegas Pj. Bupati Matheos.