Marsianus Jawa : Kepala Desa Jangan Katakan Dana Desa Kami ‘Cuma’

0
173

KOMINFO LEMBATA – Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa dalam beberapa  kesempatan meminta para kepala jangan mengeluh tentang kekurangan dana desa. Kepala desa diminta agar mensyukuri dana desa yang ada serta memanfaatkan secara baik dana yang ada untuk pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat.

Tercatat pada waktu  kunjungan kerja di desa Loyobohor Buyasuri, kunjungan kerja ke desa Watokobu Nubatukan dan pada saat peringatan hari Aids sedunia di Lemau, Ile Ape Timur

Pada saat menghadiri penanaman jagung program TJPS di Watanlolo, Desa Pasir Putih kecamatan Nagawutun, Jumat,16 Desember 2022, Marsianus kembali mengatakan hal yang sama.

“Saya tidak suka kepala desa kecil. Bahasa kepala selalu anggaran kami cuma. Uang sembilan ratus juta dibilang cuma”

Menurut Marsianus Jawa, dibanding anggaran yang dikelolah perangkat daerah maka anggaran yang dikelola kepala desa di desa jauh lebih besar.

Dikatakannya, untuk tahun 2023, anggaran untuk seluruh perangkat sebesar sebesar 3 miliar. Anggaran ini harus dibagi untuk 36 perangkat. Jadi sangat kecil dan mungkin hanya cukup untuk biaya rutin listrik dan air.

Untuk itu ia meminta agar para kepala mensyukuri dana desa yang ada.

“Kalau ada kepala desa yang kelola sampai satu miliar tapi masih bilang ‘cuma’ itu keliru. Mensyukuri masih ada anggaran yang bisa dipakai  bekerja untuk masyarakat di desa”, ungkap Marsianus.