Penjabat Bupati Lembata Resmikan Klinik VCT HIV/AIDS, IMS

0
250

KOMINFO LEMBATA – Memperingati hari HIV AIDS sedunia, pada tanggal 1 Desember 2022, di Lamaau kecamatan Ile Ape Timur, Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa meresmikan klinik VCT(Voluntary Counselling and Testing)  untuk penderita HIV AIDS.

Klinik ini berguna untuk memberikan konseling dan testing dalam hal ini pemerikdaan darah kepada klien yang didiagnosa terpapar Virus HIV/AIDS dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Hadirnya klinik ini merupakan perawatan dukungan pengobatan (PDP) bagi  masyarakat yang terpapar HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya.

Mengingat cukup tingginya kasus HIV AIDS di Lembata maka untuk kabupaten lembata didirikan 8 klinik VCT PDP IMS yang tersebar di kecamatan – kecamatan. Tercatat sampai dengan bulan Oktober 2022, ada 298 kasus HIV AIDS yang di Lembata dan rata – rata terpapar kasus ini adalah kelompok ibu – ibu rumah tangga. Ada juga 7 kasus dialami aparatur sipil negara (ASN).

Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa dalam sambutannya saat kegiatan peringatan hari HIV IDS sedunia, sebagaimana diberitakan sebelumnya mengajak masyarakat agar jangan mengucilkan saudara – saudara yang terpapar virus HIV AIDS.

Dikatakannya, masyarakat luas harusnya memberi perhatia dan dukungan agar saudara – saudara yang terpapar bisa bertahan.

“Kita tidak bisa hindari kalau saudara – saudara kita sudah terkena kasus ini. Untuk itu saya minta kepada segenap masyarakat untuk menerima saudara – saudara kita, tetap bersama saudara – saudara kita untuk mengingatkan mereka agar lebih memperhatikan akan apa yang harus mereka lakukan demi mempertahankan hidup. Saya minta jangan kucilkan mereka”, kata Marsianus Jawa.