Penjabat Bupati Lembata: Para Guru Perhatikan Tiga Hal Ini

0
382

KOMINFO LEMBATA – Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa saat membuka kegiatan Orientasi pengenalan nilai dan etika bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Aula Kantor Aula Ankara Lewoleba, Senin, 28 November 2022 menekankan tiga hal penting yang harus diperhatikan para guru untuk saat ini.

Hal pertama yang harus diperhatikan para guru menurut Marsianus Jawa yaitu para guru harus memberi perhatian lebih kepada anak – anak didik yang berasal dari keluarga miskin atau kaum marginal. Anak didik kelompok ini mesti diberi perhatian khusus.

“Bapa ibu guru harus lebih peduli dengan anak – anak dari kaum marginal, dari keluarga yang miskin atau pas – pasan. Jangan hanya perhatikan anak – anak orang kaya saja, orang yang punya duit saja. Saya minta jangan membeda – bedakan perlakuan terhadap anak – anak didik setiap hari di sekolah. Anak – anak dari keluarga susah harus diberi perhatian yang sama”, tegas Marsianus Jawa

Hal kedua yang harus diperhatikan para guru menurut Marsianus yaitu keberanian. Guru haru berani ambil kelutusan, berani ambil sikap di sekolah sepanjang tidak melampaui regulasi.

Sementara hal ketiga yang tidak kalah penting menurut Marsianus Jawa adalah Kepedulian. Guru harus memiliki kepedulian sosial. Hidup harus memperhatikan orang – orang di sekitar.

“Banyak orangĀ  sekitar kita yang susah hidupnya. Saya minta para guru harus peduli. Hidup harus memiliki rasa peduli dengan sekitar kita yang susah. Kalau saya bilang begini pasti ada yang katakan, bagaimana kami juga susah. Memberilah dari kekurangan itu sangat bernilai. Jangan sampai kita senang melihat orang lain susah. Kita harus peduli”,ajak Marsianus Jawa.