Penjabat Bupati Lembata Resmikan Sumur Bor di Desa Loyobohor Buyasuri

0
200

Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa pada Sabtu, 26 November 2022 melakukan kunjungan kerja sekaligus meresmikan sumur bor “Wei Ili Watan” di desa Layobohor Kecamatan Buyasuri Lembata.

Selama ini untuk dua kecamatan di wilayah kedang ; Omesuri dan Buyasuri,sebagian besar masih berharap curahan air hujan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan akan air. Pemda Lembata  memang telah berusaha melalui proyek Air Minum Weilain, namun demikian belum bisa memberikan hasil maksimal untuk memenuhi kebutuhan air di seluruh wilayah Kedang.

Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Loyobohor yang memiliki inisiatif dan kreavitas yang tinggi sehingga mampu dengan baik mengeksekusi dana desa untuk kepentingan vital masyarakat.

Menurut Marsianus, bisa adanya sumur bor ini adalah mujizat luar biasa dari Tuhan. Dari Informasi yang dihimpunnya, sebenarnya wilayah ini sulit sumber air. Ia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik sumur bor yang ada terutama untuk menanam.

Sementara Kepala Desa Loyobohor, Yosefat Loyobohor dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah di semua tingkatan karena berkat adanya dana desa maka mimpi masyarakat untuk menikmati air bersih akhirnya dapat diwujudkan pemerintah desa. Ia berharap agar masyarakat dapat menjaga dan melestarikan dengan baik sarana air bersih yang tersedia.

Menurut Yosefat, agar dapat maksimal dimanfaatkan masyarakat maka masih dibutuhkan beberapa sarana lagi agar air dari subur bor ‘Wei Ili Watan’ dapat sampai ke masing – masing rumah penduduk. Sarana berupa pipa, mesin penyalur dan tiang listrik sangat dibutuhkan sehingga ia mengaharapkan adanya bantuan dan kerjasama dari pemerintah kabupaten dan juga pihak – pihak lain.