Antisipasi Krisis Pangan, Marsianus Jawa Ajak Masyarakat Rajin Menanam

0
222

KOMINFO LEMBATA – Membawakan sambutan saat kunjungan kerja di Desa Loyobohor Buyasuri, Sabtu 26 November 2022, Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa mengajak masyarakat agar rajin menanam terutama saat ini telah memasuki musim penghujan.

Dikatakan Marsianus Jawa, kondisi ekonomi dunia saat ini lagi lesu. Di tahun depan kita sulit memprediksi kondisi ekonomi kita. Yang pasti ekonomi akan semakin sulit sehingga masyarakat diharapkan memanfaatkan semua lahan yang ada termasuk pakarangan rumah untuk menanam agar membantu konsumsi rumah tangga.

“Mulai tahun depan tidak jelas anggaran kita.  Bapak presiden selalu bilang 2023 masih gelap. Jadi kita tidak bisa mengharapkan yang besar – besar lagi dari pusat.Sehingga pangan lokal kita harus kuat”

Marsianus Jawa menyadari bahwa APBD sangat kecil di tahun depan sehingga tidak dapat menyentuh sampai ke tingkat bawah. Ia mengharapkan agar dana desa benar – benar dimanfaatkan untuk perkuat ekonomi masyarakat.

“Saya menyadari mulai dari covid melanda kita sampai tahun depan ini APBD kita sangat kecil sehingga tidak menyentuh sampai ke tingkat bawah.

“Saya menyadari betul APBD tahun depan sangat kecil sehingga tidak mampu menyentuh sampai kebawah. Sehingga tugas camat, kepala untuk perkuat pangan lokal. Pisang, ubi semua nakanan lokal harus siap ada di kebun”, kata Marsianus Jawa.