Penjabat Bupati Lembata : ASN Harus Proaktif Dan Berakhlak

0
70

KOMINFO LEMBATA – Dalam sambutannya pada apel kesadaran bulan November 2022, Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa sebagaimana  dibacakan sekretaris Daerah, Paskalis Ola Tapobali menegaskan dua hal penting yang harus dimiliki ASN lingkup Pemda Lembata yaitu proaktif dan berakhlak.

Proaktif menurutnya menjadi penting karena dengan proaktif maka akan tercipta inovasi dan kreativitas dalam melaksanakan tiga tugasnya yakni pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat pemersatu bangsa.

Dikatakannya, sebagai garda terdepan, ASN harus senantiasa proaktif terhadap berbagai program dan kegiatan pemerintah. Sikap proaktif harus dijadikan kebiasaan baru di lingkungan ASN. Dengan sikap proaktif menjadikan semakin peka terhadap semua permasalahan yang ada sehingga semakin cepat pula mencarikan solusinya.

Dengan sikap proaktif menurutnya  mampu menciptakan inovasi dan terobosan baru sebagai modal untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.

Hal kedua yang tidak kalah penting menurutnya adalah terkait akhlak.

Seperti dibacakan Paskalis Tapobali, terkait akhlak ASN ini disampaikannya sebagai berikut;

“Selain proaktif, kita juga harus memegang teguh Core Values dan Employer Branding kita sebagai ASN. Core Values kita adalah BerAKHLAK yakni : Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif dan Employer Branding kita adalah #banggamelayanibangsa. Core Values ASN ini adalah inti dari nilai-nilai dasar ASN sebagai titik tonggak penguatan budaya kerja. Melalui internalisasi sikap Proaktif, Core Values dan Employer Branding, saya berharap kinerja kita semakin meningkat dari waktu ke waktu, semakin responsif dan mampu menghadirkan solusi terhadap berbagai persoalan yang ada, serta semakin kreatif dan inovatif sebagai ASN yang BerAKHLAK dan selalu #banggamelayanibangsa”.