Bendahara Desa Diingatkan Agar  Teliti Mencatat Semua Pengeluaran Keuangan

0
337

KOMINFO LEMBATA – Memberikan arahan pada rapat lengkap pamong praja di Ballroom Olympic Lewoleba, Rabu, 13 Juli 2022, Penjabat Bupati Lembata mengingatkan Kepala desa bersama perangkat terutama bendahara desa agar mengikuti dengan baik materi terkait pertanggungjawaban penggunaan keuangan desa yang dibawakan Inspektorat Kabupaten Lembata.

Hal ini menurutnya sangat penting untuk menghindari penyalahgunaan keuangan desa yang marak terjadi. Dana desa,  kata Marsianus harusnya dimanfaatkan dengan baik untuk pelayanan dan kesejahteraan masyarakat sehingga semua perangkat harus memahami dengan benar proses pertanggungjawaban penggunaan keuangan desa.

Rapat lengkap pamong praja, Rabu,13 Juli 2022 di Ballroom Hotel Olympic

“Hal pertama yang paling penting saya ingatkan adalah bendahara desa harus mencatat dengan teliti semua pengeluaran keuangan”, kata Marsianus

Berdasarkan pengalamannya selama bekerja di Inspektorat Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marsianus menceritakan bahwa dirinya pernah sering memeriksa kasus penyimpangan penyalahgunaan keuangan desa.

“Saya pernah periksa bendahara desa. Begitu saya tanya, dia minta ijin ambil catatannya. Dia mencatat semua pengeluaran keuangan sampai sekecilnya – kecilnya. Catatannya di buku yang sudah kumal itulah yang menyelamatkan dia sampai hari ini”,cerita Marsianus Jawa.

Enam belas tahun berpengalaman bekerja di inspektorat provinsi NTT yang sering mengurus kasus – kasus penyalahgunaan keuangan desa, Marsianus Jawa menghendaki agar para kepala desa di Lembata memahami dengan baik pertanggungjawaban keuangan sehingga tidak ada kepala desa dan bendahara yang terseret kasus.