Peringati HUT IBI Ke -71, Petrus Gero Tekankan Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Kesehatan

0
325

KOMINFO LEMBATA – Membawakan sambutan pada acara puncak ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tingkat Kabupaten Lembata di Aula Kantor Bupati Lembta, Senin, 27 Juni 2022, Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Gero menekankan tentang pentingnya pengembangan sumber daya manusia khususnya sumber daya para tenaga kesehatan.

Diakui Petrus Gero, selama ini perhatian Pemerintah Daerah terhadap pengembangan sumber daya tenaga kesehatan masih kurang.

Foto bersama pada acara puncak HUT IBI tingkat Kabupaten ke 71. Aula Kantor Bupati Lembata, Seni, 27 Juni 2022

“Seturut perintah peraturan sekurang – kurangnya sepuluh persen untuk kesehatan. Di dua tahun terakhir angkanya hampir dua puluh persen APBD untuk kesehhatan. Tapi dilihat, dua puluh persen ini lebih untuk pembangunan infrastrukturnya, gedung dan sarana pendukungnya. Untuk peningkatan SDM masih sangat kurang”, beber Petrus Gero.

Untuk itu menurut Petrus Gero,  kedepannya pola harus dirubah. Polanya harus lebih mengutamakan peningkatan sumber daya manusia bidang kesehatan untuk menghadapi perkembangan zaman dan regulasi.

“Tadi saya bisik ke Pak Bupati, mungkin kita rubah polanya. Meningkatkan SDM menjadi penting menghadapi perkembangan zaman dan regulasi”, kata Petrus Gero.

Selain itu disampaikan Petrus Gero, Perda Kabupaten Lembata tentang tugas belajar juga harus diperbaiki karena hanya mengakomodir mereka yang diatas 35 tahun.

“Kalau saya tidak salah, Perda Kabupaten Lembata tentang tugas belajar. Kirim orang untuk belajar harus 35 tahun. Tidak update dan ‘not to the point’. Perda ini harus kita ‘review’ kembali. Mari kita beri ruang kepada semua orang”, kata Petrus Gero.