Penjabat Bupati Lembata Ingatkan Para Bidan Prioritaskan Penanganan Stunting

0
327

KOMINFO LEMBATA – Senin, 27 Juni 2022 bertempat di Aula Kantor Bupati Lembata, para bidan sekabupaten Lembaya merayakan puncak kegiatan dalam rangka peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 yang jatuh pada tanggal 24 Juni kemarin.

Acara puncak berlangsung meriah dengan pemotongan tumpeng HUT dan beberapa lomba antar puskesmas.

Sebagaimana dilaporkan panitia HUT IBI, ada berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan di setiap ranting menyongsong perayaan HUT IBI 71 ini diantaranya imunisasi, konseling dan pelayanan KB, pendampingan anak stunting, pemeriksaan IFA dan bakti sosial.

Pemotongan tumpeng HUT IBI Lembata 71. Aula kantor bupati Lembata, Senin, 27 Juni 2022

Penjabat Bupati Lembata, Drs.Marsianus Jawa, M.Si dalam sambutannya mengingatkan para bidan sekabupaten Lembata untuk memprioritaskan penanganan stunting pada puskesmas masing – masing. Penanganan stunting menurutnya menjadi tolok ukur kinerja para bidan sekabupaten Lembata.

“Ibu – ibu bidan mulai kolaborasi dengan Lurah dan Kepala Desa kerja stunting sejak dini. Hari ini catatan tadi 1.379 orang stunting di Lembata, 16.9 persen. Tahun depan dibawah sepuluh bisa atau tidak”, tantang Marsianus Jawa.

Disampaikan Marsianus Jawa, generasi unggul yang akan datang ditentukan oleh kerja para bidan.

“Ternyata yang menentukan generasi kedepan ada di bidan. Darimana dapatnya generasi unggul kalau mulai dari rahim kita kurang peduli. Saya selalu tekankan perangkat daerah, camat, lurah dan kepala desa untuk perhatikan ibu – ibu sejak dari mengandung. Intervensi dari situ kalau kita cegah stunting. Kita selalu tunggu setelah melahirkan”,kata Marsianus Jawa.