Sesi diskusi pembentukan kelompok informasi masyarakat (KIM) desa Lite Ulumado Nubatukan,20 Juni 2022

KOMINFO LEMBATA – Senin, 20 Juni 2022 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata memfasilitasi desa Lite Ulumado Kecamatan Nubatukan untuk pembentukan Kelompok Informasi Masayarakat (KIM).

KIM yang seyogyanya lahir secara mandiri atas inisiatif dan kreativitas masyarakat ini, untuk Kabupaten Lembata dalam dua minggu terakhir telah difasilitasi pembentukannya oleh Diskominfo Lembata pada enam kecamatan yakni kecamatan Ile Ape di Petuntawa, Kecamatan Ile Ape Timur di desa Lamatokan, Kecamatan Omesuri di desa Mahal II, Kecamatan Buyasuri di Umaleu, Kecamatan Atadei di desa Lusilame dan untuk kecamatan Nubatukan di desa Lite Ulumado.

Kepala Desa Lite Ulumado, Ph Konradus dalam kesempatan sosialisasi pembentukan menyampaikan bahwa KIM adalah hal baru di desanya. Diakuinya terkait informasi adalah hal penting yang selama ini diabaikan. Informasi yang dimaksudkannya adalah informasi yang berguna untuk kemajuan desa baik yang datang dari luar maupun informasi dari dalam desa terkait potensi desa untuk dipublikasikan keluar.

“KIM ini penting untuk pengembangan potensi desa. Kami Lite Ulumado ini adalah penghasil buah rambutan dan buah naga. Ada potensi wisata air terjun yang belum dimanfaatkan maksimal. Ini karena potensi yang ada ini tidak dipublikasikan secara maksimal”, ungkap Konradus.

Selain itu menurut Konradus, dengan adanya KIM, masyarakat mendapat informasi yang benar dari pemerintah tingkat atas sehingga diharapkan masyarakat tidak terprovokasi dengan informasi hoax yang berkembang di media sosial.

Sementara Kepala Dinas Kominfo, melalui Kepala bidang pengelolaan informasi publik dalam kesempatan sosialisasi menyampaikan bahwa KIM adalah upaya dinas kominfo untuk mewujudkan misi sebagai pusat informasi masyarakat. Mengingat pesatnya perkembangan tekonologi informasi maka pembentukan KIM adalah langkah awal Diskominfo untuk belajar bersama masyarakat agar berkembang di bidang informasi untuk kemajuan pembangunan.