Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata Gelar Serempak Imunisasi Campak – Rubela

0
383
Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa saat membuka kegiatan Bulan Imunisasi Nasional dan Vaksinasi Kejar, Lewoleba,9 Juni 2022

KOMINFO LEMBATA – Persentase Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) untuk anak – anak di Kabupaten Lembata mengalami penurunan yang sangat drastis. Penurunan ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, dr. Geril Huar Noning sebagai akibat konsentrasi pemerintah dalam dua tahun terakhir yang berpusat pada vaksinasi pencegahan covid 19.

Disampaikannya, target capaian imunisasi  dasar lengkap  secara nasional 92.2%, sementara untuk Kabupaten Lembata, di tahun 2020 capaian IDL hanya 59.0% dan di tahun 2021 sebanyak 58.0%

Kondisi ini mendorong Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata dalam bulan imunisasi nasional  tahun 2022  ini melaksanakan kegiatan  imunisasi campak – rubela. Imunisasi ini dilaksanakan secara serempak sekabupaten Lembata yang dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa pada Kamis, 9 Juni 2022 di SD Inpres Wangatoa Kelurahan Selandoro  Nubatukan.

Marsianus Jawa dalam sambutanya saat membuka kegiatan menekankan pentingnya imunisasi sebagai upaya kesehatan yang paling efektif untuk memberi perlindungan kesehatan yang tidak hanya kesehatan pribadi tetapi kesehatan komunitas masyarakat secara keseluruhan.

Dikatakannya, pemerintah melaksanakan pekan imunisasi nasional untuk mewujudkan indonesia sehat karena kesehatan adalah unsur penunjang kesejahteraan masyarakat. Untuk itu,  Marsianus Jawa mengajak semua komponen masyarakat untuk mendukung secara penuh kegiatan imunisasi karena berdampak pada kesejahteraan masyarakat.