Viktor Laiskodat Sebut Lembata Salah Satu Daerah Paling Kaya Kedepan

0
635
Penjemputan Gubernur NTT Viktor Laiskodat oleh Bupati Lembata Thomas Ola di Bandara Wunopito Lewoleba (7/4/2022)

Kamis (7/4/2022), Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat  melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lembata. Lembata menjadi Kabupaten pertama yang dikunjungi dalam safarinya kali ini mengelilingi pulau Flores.

Di titik pertama dalam jadwal kunjungan kerjanya, tepatnya di Tagawiti Kecamatan Ile Ape, Viktor Laiskodat dalam sambutan menyampaikan bahwa Lembata adalah daerah potensial yang akan menjadi salah satu daerah kaya kedepan. Masalahnya hanya belum dikerjakan dengan baik. Jadi menurutnya jangan pernah menyebut Lembata adalah daerah miskin.

Melihat langsung Tanjung Bahagia Ile Ape yang dikunjungi, ia mengharapkan agar di tahun 2023 Dinas Pertanian Provinsi dan Dinas Pertanian Kabupaten dapat membuka lahan pertanian jagung di wilayah Tanjung Bahagia Ile Ape.
Targetnya di Tahun 2023 dapat dibuka lahan pertanian jagung seluas 7000 hektar.

“Saya tadi dalam perjalanan, saya melihat daerah ini luar biasa. Kita tidak ada air. Tapi setiap tahun Tuhan beri kita air. Saya minta selesai ini, Kadis pertanian kabupaten dan provinsi bertemu, kumpul dan desain berapa banyak traktor yang disediakan kabupaten dan berapa kita datangkan dari provinsi. Disiapkan sehingga minimal tahun depan itu 7000 hektar sudah jadi disini” kata Viktor Laiskodat.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Bupati Lembata foto bersama masyarakat Beutaran di Lahan Pertanian Sorgum (7/4/2022)

Selain pertanian, Viktor Laiskodat juga menyebut Lembata adalah daerah potensial pariwisata dan budidaya perikanan.

“Tempat ini indah luar biasa. Kita bersyukur sudah ada labuan bajo akan menjadi daya tarik utama. Kemajuan Labuan Bajo akan ditarik kesini. Saya melihat daerah ini kedepan akan menjadi salah satu daerah paling kaya. Persoalannya belum dikerjakan saja. Jadi jangan pernah mengatakan ini daerah miskin”, kata Viktor Laiskodat.

Sementara terkait budidaya perikanan, Viktor Laiskodat mengatakan, kedepan Lembata disiapkan menjadi pusat budidaya ikan.

“Kita mau kedepan, kita menjadi salah satu  penghasil ikan terbesar di Indonesia. Dan pusat budidaya terbesar ada di pulau Lembata, Flores Timur dan sebagian utara pulau flores. Kalau kita lihat ada banyak teluk disitu” ungkap Laiskodat. (Dinas Kominfo Lembata)