Lagi, Bupati Lembata Sebut Kejujuran Adalah Kunci Kesuksesan Hidup

0
456
Bupati Lembata Thomas Ola saat membawakan sambutan dalam acara eksplorasi budaya di Kalikur Kedang

“Banyak orang sukses di dunia ini karena kejujurannya.Tidak ada yang lain, itu nomor satu. Banyak orang sukses di dunia ini karena kejujurannya sejak kecil sampai dengan hari ini,”

Sejak mengambil alih kepemimpinan pasca meninggalnya Almarhum Eliaser Yentji Sunur, Bupati Lembata Thomas Ola dalam banyak kesempatan berbicara tentang nilai kejujuran sebagai kunci kesuksesan hidup.

Pertama kali ketika meresmikan gedung balai latihan kerja susteran Ssps di  desa ‘Pada’ (7/9/2021), Thomas Ola kepada anak – anak peserta pelatihan komputer mengajak untuk selalu menerapkan nilai – nilai kejujuran selama mengikuti latihan kerja dan setelah memasuki dunia kerja sesungguhnya.

“Ikuti pelatihan ini dengan jujur. Orang-orang sukses itu modal awalnya adalah kejujujuran. Kalau kalian jujur, Allah mengasihi kalian, arwah leluhur mengasihi kalian, alam Lembata ini mengasihi kalian”, kata Thomas Ola saat itu.

Setelah itu, setiap ada  pelantikan pejabat birokrasi lingkup Pemda Lembata, Thomas Ola konsisten berbicara tentang kejujuran sebagai nilai utama dari karakter seseorang untuk meraih kesuksesan baik dalam dunia kerja birokrasi maupun dalam hidup sosial kemasyarakatan.

Terakhir saat melantik pajabat administrator  di Aula Kantor Bupati Lembata, Rabu (9/3/2022), dua hari setelah penutupan event Eksplorasi Budaya, Thomas Ola kembali menyampaikan hal yang sama.

Eksplorasi Budaya yang dibuat menurutnya untuk menemukan nilai budaya dan membentuk  karater. Indikator karakter paling utama yang harus dimiliki adalah kejujuran karena kejujuran menentukan nasib seseorang, berhasil atau gagal dalam hidup.

Kamis (31/02/2022),ketika hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke 43 SMP Negeri I Nubatukan, Thomas Ola kembali  menyampaikan tentang pentingnya nilai kejujuran sebagai indikator karakter paling utama menuju kesuksesan hidup.

Dalam kaitan dengan eksplorasi budaya yang baru selesai dilaksanakan,  ia menginginkan agar setiap sekolah memiliki budaya yang khas agar dapat menghantar anak didik menemukan karakternya.

Dikatakannya, budaya khas yang dibentuk  sekolah harus dapat membentuk karakter yang jujur dalam diri anak didik karena orang sukses di dunia karena kejujurannya.

“Banyak orang sukses di dunia ini karena kejujurannya.Tidak ada yang lain, itu nomor satu. Banyak orang sukses di dunia ini karena kejujurannya sejak kecil sampai dengan hari ini,” kata Thomas Ola.(Dinas Kominfo Lembata)