Bupati Lembata Ajak Masyarakat Konsumsi Sorgum

0
487

Saat  pencanangan Bakti Sosial Lion Club Indonesia Pengentasan Stunting di Lembata, Senin (28/03/2022) di Bakalerek Nubatukan, Bupati Lembata Thomas Ola mengajak masyarakat mengkonsumsi sorgum.

Sorgum menurut Thomas Ola sebenarnya makanan lokal orang Lembata sejak leluhur. Sorgum hilang ketika adanya program swasembada beras. Untuk itu ia mengharapkan agar masyarakat kembali membudidayakan sorgum karena sorgum memiliki nilai gizi yang tinggi.

“Saya berharap masyarakat Lembata menjadikan Sorgum sebagai makanan pilihan utama, tidak saja untuk balita tetapi untuk masyarakat secara umum”, kata Thomas Ola.

Bupati Thomas Ola melihat bahwa sekarang masyarakat mulai tertarik dengan sorgum karena sudah mulai dikembangkan di semua kecamatan. Persoalannya menurut Thomas Ola apakah ada konsisten untuk mengembangkannya atau tidak.

“Menanam dan mengkonsumsi sorgum adalah hal kecil, masalahnya kita mau konsisten melakukannya atau tidak” kata Thomas Ola.

Untuk diketahui, Sorgum adalah tanaman padi – padian yang mengandung vitamin dan mineral yang tidak dimiliki padi – padian lain. Sorgum sangat ideal menjaga imun, kebugaran dan daya tahan tubuh. Zat hedolik yang terkandung dalam sorgum terbukti memiliki aktivitas imun. Untuk itu sorgum sangat tepat dikomsumsi  untuk menghadapi berbagai virus saat ini.

Sebagaimana dilaporkan Ketua Tim Gizi PKK Lembata, Ilon Fernandez,  sorgum kaya akan nutrisi. Dengan komposisi gizi  terdiri dari 56% protein, 7% lemak, 33% serat dan 100% vitamin E, maka sorgum sangat cocok dikonsumsi oleh balita untuk mengatasi stunting. (Dinas Kominfo Lembata)