Bimtek Penyusunan RPJM Desa, Bupati Thomas Ola Ingatkan Jangan Pernah Abaikan Perencanaan Pembangunan

0
519

Sabtu, (26/03/2022) bertempat di Aula Ankara Lewoleba, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lembata menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan RPJM Desa.

Bimtek yang bertujuan menghasilkan RPJM Desa yang berkualitas ini mengikutsertakan  288 orang yang terdiri dari para kepala desa sekabupaten Lembata bersama ketua tim penyusunan RPJM Desa.

Bupati Lembata, Thomas Ola dalam sambutan pada acara pembukaan mengingatkan kepada semua peserta Bimtek agar jangan pernah mengabaikan perencanaan pembangunan karena kalau salah merencanakan berarti kita  sedang merencanakan kegagalan.

“Perencanaan adalah pintu masuk. Kalau salah merencanakan, kita sedang merencanakan kegagalan. Kalau hari ini kita salah merencanakan maka kita akan salah melaksanakan. Kalau kita salah melaksanakan maka hasilnya juga salah, ‘output’ nya salah dan ‘outcome’ nya juga salah. Ketika bapa – bapa dan ibu selesai masa jabatan Kepala Desa yang kita tinggalkan adalah penderitaan dan kesengsaraan untuk masyarakat kalau kita salah merencanakan hari ini”, ungkap, Thomas Ola.

Untuk itu Bupati Thomas Ola mengajak semua peserta Bimtek agar sungguh – sungguh mengikuti kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lembata.

“Saya minta, kosongkan pikiran, kosongkan hati untuk menerima apa yang disampaikan  para nara sumber sebagai bekal untuk menyusun RPJMD desa”, kata Thomas Ola.

Bupati Thomas Ola juga mengingatkan tentang pembangunan berkelanjutan (Sustainable deveploment Goals).

Menurutnya, tujuan pembangunan dimanapun juga mengarah kepada satu tujuan yaitu pembangunan berkelanjutan. Tidak ada tujuan lain yang kita kejar, kata Thomas Ola. (Dinas Kominfo Lembata)