Carnaval Budaya Hantar Peserta Pekan Explorasi Budaya Lembata Menuju Lokasi Acara

0
337

Pembukaan  Pekan Explorasi Budaya Lembata dilaksanakan di kota Lewoleba ibu kota kabupaten Lembata, diawali dengan karnaval, dari Bundara Ile Ape – Kedang dilaksanakan persiapan Karnaval Budaya. Baca juga ;Prasasti Sare Dame/Explorasi Budaya Lembata, Diduga Upaya Diskriminatif Pada Etnis Tertentu, Benarkah?

Para Peserta Carnaval menggunakan masing-masing Kendaraan Roda 4 maupun Roda 6 menuju Kantor Bupati Lama Lewoleba, kota baru Kelurahan Lewoleba Tengah kecamatan Nubatukan Komunitas perwakilan 9 (Sembilan) Kecamatan yang ada di Kab. Lembata.

Quintus Irenius Suciadi.,SH asisten 1 Setda Lembata yang juga adalah ketua panitia pelaksanaan Explorasi melepas Peserta Carnaval Budaya menuju Kantor Bupati Lama, dan dijemput dengan Ritual Pesol Tali Bukat Nering yang didukung oleh AFI & Komunitad Underwater. selanjutnya persiapan Pelaksanaan Parade Jalan Kaki dan Aktraksi Budaya menuju Pantai Harnus / Wulen Luo.

Semua Peserta yang ikut dalam kegiatan Parade Jalan Kaki dan Aktraksi Budaya menuju Pantai Harnus / Wulen Luo yakni secara berurutan dimana Barisan terDepan Parade Drum Band dari SMA Negri 2 Lewoleba diikuti Komunitas Kec. Atadei, Komunitas Kec. Ile Ape, Komunitas Kec. Ile Ape Timur, Komunitas Kec. Nagawutung, Komunitas Kec. Wulandoni, Komunitas Kec. Omesuri, Komunitas Kec. Buyasuri, Komunitas Kec. Lebatukan dan Komunitas Kec. Nubatukan.

Bupati Lembata, utusan Kementrian, Wakil Bupati Flotim dan Forkopimda Lembata sambut Peserta Parade Jalan Kaki dan Aktraksi Budaya di pintu masuk kegiatan.

Penyambutan digerbang Lokasi diawali dengan Sapaan dari Tuan Tanah Pemangku Ulayat Lewoleba Bpk. Yohakim sekaligus melakukan seremoni Tuang Tuak dan memberikan kepada Bupati Lembata untuk melakukan Seremonial didepan Gerbang Pantai Harnus / Wulen Luo dan Bupati mengajak semua Komunitas dan Tamu Undangan masuk kedalam lokasi Wulen Luo mengikut kegiatan Explorasi Budaya Lembata 2022. (Dinas Kominfo Lembata)