Terima kasih Khusus Bupati Thomas Ola Untuk Sepuluh Komunitas Adat Di Lembata

0
607

“Terima kasih Benihading,terima kasih Kalikur.Terima kasih Nuba Buto,Banitobo. Terima kasih Atakore,terima kasih Leworaja,terima kasih Boto,terima kasih Baolangu,terima kasih Komunitas Lewohala dan Lewoulun di Ile Alen Gole. Kalian telah mewariskan  nilai-nilai ini untuk ribu ratu Lembata”

Acara penutupan Pekan Eksplorasi Budaya yang berpuncak di Wulen Luo Lewoleba, Senin (07/03/2022) berlangsung  meriah. Partisipasi sepuluh komunitas adat yang ada di Lembata sejak  berlangsungnya  event di sepuluh titik  hingga acara penutupan memberi warna tersendiri bagi  keseluruhan penyelenggaraan  eksplorasi Budaya.

Bupati Lembata Thomas Ola dalam sambutan pada acara penutupan mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih khusus kepada  sepuluh komunitas adat yang ada di Lembata.

“Melalui kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih khusus kepada para komunitas adat yang ada di sepuluh titik di sembilan kecamatan. Tanpa bapak – bapak ,’ Belen Lewon’, ‘Kapitan Kepala’, para ketua suku, ‘higun teti wanan lali, lein lau weran rae, uaq tukan waimatan’  ritual adat kita tidak akan  bisa melakukan. Tetapi bapak–bapak berani melakukannya karena bapak – bapak memberi nilai baru kepada ribu ratu Lembata, kepada generasi muda Lembata bahwa ini warisan leluhur yang perlu dikembangkan dan menjadi pedoman di waktu-waktu yang akan datang”.

Bupati Thomas Ola mengakui bahwa dirinya mengalami kegelisahan ketika awal memulai event eksplorasi budaya. Kegelisahannya terutama terkait ritual –ritual adat yang akan dilaksanakan di semua komunitas di sembilan kecamatan.

“Saya sendiri beberapa waktu dalam kegelisahan membacara facebook, membaca wa, membaca berita-berita di media, saya juga ikut gelisah. Tetapi ketika saya mengunjungi komunitas adat,kekuatan saya tumbuh kembali. Karena saya menemukan wajah-wajah yang bahagia yang siap melakukan ritual adat di tempat masing-masing”,ungkap Thomas Ola.

Untuk partisipasi yang luar biasa dari sepuluh komunitas adat sejak awal event eksporasi budaya di semua kecamatan hingga  pekan eksplorasi budaya dan acara puncak, Bupati Thomas Ola sampaikan terima kasih.

“Terima kasih Benihading,terima kasih Kalikur.Terima kasih Nuba Buto,Banitobo. Terima kasih Atakore,terima kasih Leworaja,terima kasih Boto,terima kasih Baolangu,terima kasih Komunitas Lewohala dan Lewoulun di Ile Alen Gole. Kalian telah mewariskan  nilai-nilai ini untuk ribu ratu Lembata”(Dinas Kominfo Lembata)