68 Tahun Statement 07 Maret, Bupati Thomas Ola Sampaikan Terima Kasih Kepada Para Penjasa

0
350

Puncak Eksplorasi Budaya dalam bingkai roh Sare Dame mencapai puncak pada tanggal 07 Maret 2022 bertepatan dengan hari cikal bakal lahirnya otonomi Kabupaten Lembata.Berbagai rangkaian acara digelar di hari puncak ini. Acara dimulai dengan ritual adat ‘lolo masa doa’ yang dilaksanakan di SDK St.Laurensius Hadakewa tempat dimana 68 tahun silam ditandatanganinya Statement 07 Maret. Pasca ritual ini, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Eksplorasi Budaya oleh Bupati yang berisi nilai-nilai budaya.

Acara kemudian berlanjut dengan karnaval mobil menuju Lewoleba tepatnya rumah jabatan Bupati di Kota Baru. Di Rujab Bupati ini dilakukan seremoni adat oleh tetua adat kecamatan Nubatukan, kemudian karnaval dilanjutkan menuju Wulen Luo sebagai lokasi puncak acara.

Bupati Lembata Thomas Ola dalam sambutannya sebelum penandatanganan prasasti eksplorasi budaya menyampaikan terima kasih kepada para penjasa pencetus statement 07 Maret.

“Hari ini kita disini mengenang para penjasa statement. Mereka berbeda partai tapi mereka mampu menyatukan, menghimpun pemangku kepentingan untuk berkumpul di tempat yang sempit ini. Mereka beikrar punya satu komitmen untuk Lembata menjadi daerah otonom. Terima kasih Guru gute dan semua yang terlibat. Terima kasih sampai hari ini 68 tahun. (Dinas kominfo Lembata)