Wakil Bupati Flotim Sebut Eksplorasi Budaya Adalah Langkah Tepat

0
284

Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli saat menghadiri pembukaan pekan eksplorasi budaya Lembata (03/03/2022) di Wulen Luo Lewoleba, mengatakan bahwa Ekspolrasi Budaya Sare Dame adalah langkah Politik Pembangunan yang tepat untuk mengangkat nilai-nilai ke Lamaholotan kedalam proses pembangunan.

Nilai kelamaholotan dimaksud seperti nilai persaudaraan,nilai musyawarah Mufakat, nilai gotong royong dan nilai kejujuran.

Kehadiran Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli ini tidak sekedar mewakili pemerintah Daerah Flores Timur tetapi lebih dari itu ia hadir secara budaya Lamaholot mewakili “Lewo ina ama, lewo kaka bapa Lamaholot Flores Timur” yang melahirkan otonom Kabupaten Lembata 23 tahun silam.

Wabup Agus Boli menekankan nilai persaudaraan, saling memaafkan dan saling menguatkan dalam membangun Lembata tanpa sekat-sekat kepentingan.

Menurutnya, otonomi Kabupaten Lembata tidak di bangun sekedar untuk memilih Bupati 5 tahunan, Lembata tidak di bangun hanya untuk memilih anggota DPRD dan tempat birokrasi bekerja tetapi sesunguhnya Lembata di bangun untuk Peradaban dan Kehormatan rakyat Lembata hari kemarin, hari ini dan ke depan.

“Ake puken genin, sidak peak, data lagi teti kae lali kae puken titen kaka papa arin lola,kakan pati arin beda, kakam keru arin baki,Tite Flores Timur dan Lembata Lango tou,Titehena”, Demikian pesan Agus Boli dalam bahasa lamaholot”, ungkapnya.(Dinas Kominfo Lembata)