Bupati Thomas Ola ; “Semoga Kedepan Kita Miliki Policy Brief Dari Sisi Budaya”

0
132

“Kita akan melahirkan policy brief termasuk beberapa kearifan lokal kita misalnya Muro, itu akan kita angkat sebagai warisan budaya tak benda. Ini (Muro) baru satu hal, masih ada sekian banyak hal yang akan kita temukan dalam explorasi budaya”.

Bupati Lembata telah menabuh gong tanda rangkaian explorasi Budaya,sare dame dimulai.

Dalam konferensi pers launching explorasi budaya Lembata (7/2)/2022), Bupati Thomas Ola menyampaikan harapannya agar kegiatan yang akan berlangsung satu bulan kedepan ini  akan menghasilkan rekomendasi Policy Brief dari sisi budaya.

Policy Brief adalah sebuah dokumen yang menguraikan dasar rasional dalam pemilihan sebuah alternatif kebijakan khusus atau rangkaian tindakan dalam sebuah kebijakan saat ini.

Dalam hal ini hasil penelitian yang ada diharapkan mampu memberikan masukan bagi pemerintah dalam menginisiasi kebijakan yang lebih efektif.

“Kita sudah punya Peraturan Daerah (Perda) tentang masyarakat adat. Itu menjadi dasar kita lakukan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan kebudayaan”.kata Thomas Ola.

Lanjutnya, “Output akhir dari pelaksanaan explorasi budaya Lembata ini yakni adanya sebuah policy brief, rekomendasi apa yang perlu kita lakukan untuk membangun Lembata ini kedepan dari aspek budaya, termasuk tidak tertutup kemungkinan dari seluruh rangkaian kegiatan ini menghasilkan buku yang terkait dengan muatan lokal yang kemudian menjadi bahan pembelajaran bagi anak didik kita”.

Thomas Ola menjelaskan bahwa ia  yakin suatu waktu tidak saja menjadi muatan lokal namun juga menjadi muatan nasional. Karena nilai-nilai adat dan budaya yang ada di Lembata tentu berlaku juga di daerah-daerah yang lain. Hanya selama ini nilai-nilai yang ada itu belum dihimpun dalam sebuah naskah tertulis.

“Kita akan melahirkan policy brief termasuk beberapa kearifan lokal kita misalnya Muro, itu akan kita angkat sebagai warisan budaya tak benda. Ini (Muro) baru satu hal, masih ada sekian banyak hal yang akan kita temukan dalam explorasi budaya dan akan kita persembahkan untuk daerah ini” tutup Thomas Ola.(Dinas Kominfo Lembata)