Bupati Thomas Ola Tegaskan Tidak Ada Tujuan Politik Dari Kegiatan Explorasi Budaya Lembata

0
178

KOMINFO LEMBATA – Rangkaian kegiatan explorasi Budaya Lembata, sare dame telah dimulai setelah Bupati menabuh gong tanda dimulainya hajatan besar ini (7/2/2022) di eks rumah jabatan Bupati Lembata.

Kegiatan yang di mulai dengan, ‘Prat Amet’ oleh pemangku Lewoleba dan didampingi Bupati beserta Forkompinda berjalan dengan baik.

Bupati dalam sambutan menjelaskan bahwa, ritual adat yang mengawali kegiatan ini perlu dilakukan karena kita membutuhkan dukungan dari tangan-tangan tak kelihatan sehingga kita dituntun dan mensukseskan rangkaian acara yang telah direncanakan.

“Tidak ada kepentingan politik dari kegiatan ini” tegas Thomas Ola.

Bupati Thomas mengatakan, ada berbagai dinamika yang muncul terkait ekplorasi budaya. Dan saya senang tidak sedikit yang kontra tapi inilah pemikiran bahwa banyak yang memberikan perhatian kepada ekplorasi budaya.

“Semakin hari semakin banyak yang pro kontra ini artinya semakin banyak yang berikan perhatian.Tujuan kita baik,yakni memberikan nilai-nilai bagi anak cucu kita. Supaya generasi kita kemanapun, ada leluhur yang melindungi.
Dari aspek agama silakan dilakukan, bahwa orang Lembata adalah orang budaya. Dan kita lakukan ini agar selaras alam”kata Thomas Ola.