Bupati Thomas Ola : “Masyarakat Saya Harus Keluarkan Banyak Biaya Jika Kapal Pelni Tidak Sandar Di Lewoleba”

0
124

Temui Direktur Lalu Lintas dan Transportasi Laut Dr. Capt. Mugen Suprihatin Sartoto, M.Sc di Kementerian Perhubungan, (04/11/2021) silam, Bupati Lembata, Thomas Ola, menyampaikan keluhan masyarakat terkait kesulitan yang dialami akibat tidak sandarnya kapal Pelni di Pelabuhan Laut Lewoleba.

Bupati Thomas Ola menyampaikan, hampir dua tahun pasca tenggelamnya kapal zimpo di pelabuhan laut Lewoleba, kapal pelni tidak lagi sandar di pelabuhan laut Lewoleba Lembata. Hal ini sangat menyulitkan masyarakat Lembata di perantauan yang mau kembali dan yang bepergian.Masyarakat harus mengeluarkan biaya yang banyak kalau mau kembali ke kampung halaman.

Terkait upaya yang sudah dilakukan, Bupati Thomas Ola menjelaskan,

“Di Kepelabuhanan kami sudah satu langkah lebih maju.Kami sudah membuat surat untuk pengelolaannya. Semua sudah terkonfirmasi terkait pengelolaan pelabuhan. Tugas kami kedepan terkait kapal pelni yang harus sandar karena masalah tenggelamnya kapal zimpo tahun 2019. Kami sudah koordinasi dengan kepala UPT, tanggal sembilan ini sudah disurvei kolam labuhnya. Mudah – mudahan secepatnya ada berita acara layak disinggahi kapal pelni. Mengantisipasi itu, saya mendahului kesini, jelas Thomas Ola.

Bupati Thomas Ola mengatakan, masyarakat Lembata yang di luar, di jawa sampai papua begitu banyak. Mereka menginginkan agar kapal pelni sandar lagi di Lewoleba. Mereka harus mengeluarkan biaya yang banyak kalau mau kembali ke Lembata tapi harus turun di Maumere, Larantuka dan Kupang. Selain itu, masyarakat Lembata yang hendak bepergian membutuhkan kenyamanan. Ketika kapal pelni sudah menyinggahi Lewoleba maka banyak kemudahan yang kita berikan kepada masyarakat, kata Thomas Ola.

Direktur Lalu Lintas dan Transportasi Laut Dr. Capt. Mugen Suprihatin Sartoto, M.Sc, menanggapi penjelasan Bupati Thomas Ola saat itu menyampaikan bahwa tidak terlalu terlalu sulit mengatur ulang jadwal singgah kapal Pelni. Setelah kolam labuh siap maka dipastikan kapal Pelni akan kembali singgah. Hal ini kemudian dibuktikan dengan kembali singgahnya tiga kapal pelni di pelabuhan laut Lewoleba.

Bupati Thomas Ola saat meninjau kembali sandarnya Kapal Pelni “Umsini”(09/12/2021), menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan Pihak Pelni. Ia berharap masyarakat Lembata dapat memanfaatkan dengan baik tiga kapal pelni (Umsini, Sirimau dan Bukit Siguntang) yang menyinggahi Lembata.(Dinas Kominfo Lembata)