Korupsi adalah Kotoran Pertama Yang Harus Dibersihkan

0
143

“Kalian dipercaya karena kalian dianggap mampu menjadi sapu. Menjadi sapu yang mampu membersihkan sekolah dimana tempat kalian pimpin dari semua kotoran yang ada. Kotoran yang pertama, kotoran korupsi”.

Bupati Lembata, Thomas Ola mengatakan ini saat melantik Kepala Sekolah SMP, SD, TK/PAUD dan para Kepala Puskesmas di Aula Kantor Bupati Lembata, Senin(01/11/2021)

Bupati Lembata, Thomas Ola kemudian mengingatkan para Kepala Sekolah tentang banyaknya informasi miring terkait penggunaan dana BOS di sekolah-sekolah akhir-akhir ini.

“Berita akhir-akhir ini sangat tidak enak. Sangat tidak elok. Mencoreng wajah pendidikan di Kabupaten Lembata. Kepala Sekolah dengan seenaknya tanpa melihat regulasi, menggunakan Dana Bos seenaknya, menggunakan Dana Komite seenaknya. Ditekan untuk memanfaatkan dana DAK semaunya”, kata Thomas Ola.

Terhadap ramainya informasi terkait penyalahgunaan dana BOS ini, Bupati Lembata Thomas Ola memerintahkan Inspektorat Kabupaten Lembata untuk melakukan audit keuangan di semua sekolah.

“Saya minta para Kepala Sekolah ini bekerja dengan integritas tinggi, dengan landasan yang bersih. Karena itu, semua sekolah harus di audit dulu oleh Inspektorat. Dana Bos diaudit, penggunaan Dana Dak disana diaudit, Dana Komite juga diaudit. Supaya apa, jangan sampe yang kita Lantik hari ini suatu waktu berurusan dengan aparat penegak hukum. Kita butuh Kepala Sekolah dengan integritas tinggi, jujur, bertanggung jawab dan peduli lingkungan”, kata Bupati Thomas Ola