Kupang– Dimasa kepemimpinan yang tinggal delalan bulan ini. Saya akan focus kepada 70 persen penduduk Kabupaten Lembata yang pekerjaan pokok mereka adalah bertani. Dengan demikian diharapkan petani di Kabupaten Lembata yang jumlah 70 persen lebih persen bisa keluar dari ketertinggalan yang mereka alami selama ini. Hal ini disampaikan Thomas Ola Langoday usai dirinya dilanitk menjadi bupati defintif Lembata, periode 2017-2022 oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Aula El Tari Kupang, Kamis, (16/9/2021).

Bupati Dr. Thomas Ola, yang baru saja dilantik itu, akan menjalankan tugas sebagai bupati Lembata selama delapan bulan. Oleh karena itu, disisa waktunya yang tinggal delapan bulan tersebut beliau menfokuskan dirinya pada sektor pertanian, infrastruktur dan membangun zona integritas di kabupaten Lembata. 

Dr. Thomas Ola yang diwawancarai usai dilantik menjadi Bupati Lembata mengatakan bahwa 70 persen lebih penduduk Kabupaten Lembata adalah petani. Karena itu, dirinya akan fokus pada program dan kegiatan yang mengarahkan pada 70 persen penduduk Kabupaten Lembata yang adalah petani.

“Saya hanya fokus membawa 70 persen masyarakat yang pekerjaan pokok petani untuk segera keluar ketertinggalan selama ini” tanda Bupati Thomas Ola Langoday.

Lebih lanjut Thomas, mengatakan bahwa selain menfokuskan pada pembangun sektor pertanian. Dirinya juga akan memfokuskan pembangunan infrastruktur dan zona integritas. “Saya tidak bisa korupsi, saya tidak mau korupsi dan saya tidak akan korupsi di Lembata, tegasnya.

Sambung Thomas, disisa waktu delapan bulan kedepan kedepan, beliau akan memberantas korupsi dengan membangun zona integritas di Lembata. “Saya akan memmbangun zona intgeritas, saya tidak bisa korupsi saya,saya tidak mau korupsi dan saya tidak akan korupsi di Lembata. Saya harus mulai dari diri saya sendiri, saya tidak bisa menunggu bawahan saya. Saya harus memberi contoh”, ujar Ola.

Untuk diketahui, Thomas Ola Langday adalah wakil bupati Lembata yang berpasangan dengan Bupati ELiaser Yentji Sunur. Eliaser Yentji Sunur meninggal dunia, akibat Covid-19, Sabtu (17/7/2021) lalu. Oleh karena itu, Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday dilantik menjadi Bupati Lembata. 

Dr. Thomas Ola yang dilantik menjadi bupati definitif berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian Nomor 131.53-3962 Tahun 2021 tanggal 23 Agustus 2021 Tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nomor 131.53-3963 Tahun 2021 tanggal 23 Agustus 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati Dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Tim Kominfo Lembata)