Lewoleba– Guna memaksimalkan pelayanan medis di rumah sakit, Plt. Bupati Lembata DR. Thomas Ola, M.Si, yang didampingi oleh Asisten I Sekda Kedang Paulus dan para pimpinan OPD, menyerahkan berbagai bantuan kepada tim medis di Rumah Sakit Bukit Lewoleba dan Rumah Sakit Damian, Jumad, (6/8/21).

Bantuan tersebut disalurkan secara langsung oleh Plt. bupati kepada masing-masing kepala rumah sakit. Bantuan yang diberikan kepada masing-masing rumah sakit itu berupa, APD (alat pelindung diri) sebanyak 20 paket, hand sanitizer sebanyak 72 buah, masker standar sebanyak 10 box, masker kain putih sebanyak 250 pice, vitamin meproce sebanyak 15 box, vitamin proxidan 100 sebanyak 15 box dan makanan tambahan balita sebanyak 2 dos.

Saat diwawancarai Plt. Bupati mangatakan bahwa, semua Bantuan ini berasal dari lingkungan ST. Euginia, Paroki St. Laurensius Tanggerang, Grup WhatsApp KPKS Angkatan 2 serta donatur individu. Bantuan ini merupakan tanda kasih, belahrasa dari saudara-saudara kita yang peduli akan masyarakat Lembata, secara khusus bagi pasien Covid-19 dikedua rumah sakit yakni Rumah Sakit Damian dan Rumah Sakit Bukit Lewoleba.  

Dalam waktu kurang sepekan sambung Thomas, para donatur ini telah mengumpulkan sejumlah bantuan untuk diberikan kepada rumah sakit dan tim medisnya. “Dalam Grup WhatsApp saja, dan dalam waktu 3 hari saja. Mereka mengumpulkan uang sampai 30an juta. Tanda kasih ini karena saya mengunjungi Rumah Sakit Bukit Lewoleba dan Rumah Sakit Damian, karena suster dan Romo disana memberikan informasi kalau ada kekurangan APD dan lainnya.

Bencana non alam yang satu ini lanjut Thomas, memang menjadi tanggungjawab bersama. Hal itu, dikatakan beliau karena disaat beliau melakukan sidak dikedua rumah sakit itu beberapa waktu lalu. Menemukan masalah yang sama yakni kekurangan persediaan APD bagi tim medis serta obat-obatan. Karenanya itu, tema-teman media yang telah mengekspos masalah yang dialami tersebut sehingga bantuan tersebut dapat serahkan kepada kedua pihak rumah sakit ini dalam penanganan pasien Covid-19.

“Semua ini berkat dari kerja keras kita. Kita tidak pernah meminta, tetapi saat ada kendala yang dihadapi dengan bantuan teman-teman wartawan semua dan informasi ini tersebar dimana-mana maka mereka mengambil inisiatif untuk menyalurkan dana kasih ini. Dan hari ini kita bisa menyerahkan di dua rumah sakit ini, yaitu Rumah Sakit Damian dan Rumah Sakit Bukit Lewoleba”, tutur Thomas.

Bantuan ini Thomas berharap agar para medis dapat menggunakannya secara baik. Karena tim medislah yang menjadi garda terdepan dalam memerangi Covid-19. “Harus dimanfaatkan secara baik, karena tenaga kesehatan yang punya peran penting dalam pelayanan kasih”, harap Thomas.

Diujung wawancaranya beliau juga mengharapkan agar dalam pelayanan kesehatan masyarakat, petugas kesehatan harus melaksanakan dengan hati-hati dan menjalankan sesuai protokol pencegahan Covid-19. Selalu edukasi masyarakat dengan memberikan pemahaman terhadap protokol kesehatan serta doa juga harus salalu dipanjatkan. “Tertular covid- 19 bukanlah aib, tetapi wabah virus yang harus diperangi bersama,” ujar Thomas.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Damian Lewoleba, Sr. Ludgardis, CIJ menyampaikan terima kasih kepada plt. Bupati Lembata Thomas Ola Langoday atas kunjungannya sebelumnya dan telah mendengarkan keluhan pihak Rumah Sakit Damian Lewoleba.

“Terima kasih atas partisipasinya karena telah mengetuk hati umat lingkungan santa Eugenio Paroki St. Laurensius Tangerang dan Anggota grup WhatsApp dan perorangan yang telah membantu kami, kami ucapkan banyak terima kasih atas kepeduliannya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Romo Kristo Soge, Pr saat menerima bantuan kasih yang diserahkan oleh Plt. Bupati Lembata di depan gedung IDG Rumah Sakit Bukit Lewoleba. (Tim Kominfo Lembata)