Lewoleba – Monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan segala upaya pemulihan layanan terhadap site seluler akibat bencana, tetap menjadi prioritas pertama Pemerintah , dan Lembata mendapatkan penambahan 31 BTS guna memenuhi layanan kebutuhan masyarakat akan telekomunikasi. Demikian penyampaian Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Jhonny G. Plate saat meninjau korban banjir di salah satu posko pengungsi di Aula Kelurahan Selandoro, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (12/4/2021).

Sambung Jhonny, bahwa operator seluler terus berupaya keras untuk kembali mengaktifkan sebagian BTS yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor. “Bersama operator seluler, kami berkomitmen untuk terus menyediakan kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi terbaik bagi masyarakat disaat kondisi bencana seperti saat ini,” tegas orang nomor satu di kementerian Kominfo itu.

Tambah Jhonny, sebanyak 2.638 site eksisting di wilayah Provinsi NTT, dan sebanyak 450 BTS yang masih mengalami gangguan atau down service akibat bencana yang terjadi beberapa waktu lalu. Ada 6 site BTS Universal Service Obligation (USO) berada di Kabupaten Lembata yang tidak terdampak bencana tersebut. Untuk itu, Ia mengharapkan agar 6 site BTS itu dapat beroperasi dengan baik. Selain itu, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menambah pembangunan 421 BTS untuk melayani 421 desa di wilayah NTT, termasuk kabupaten Lembata, yang mendapat penambahan 31 BTS yang akan dibangun guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam layanan telekomunikasi.

Selain itu, Jhonny juga menambahkan bahwa saat ini operator seluler telah menyediakan Mobile Backup Power (MBP) atau genset untuk menyambungkan kembali site BTS yang terdampak. Hal ini dilakukan sebagai langkah alternatif agar pelanggan tetap bisa terlayani.

“Beberapa daerah yang terkena bencana juga mengalami Fiber-Optic Cut (FO Cut). Namun, layanan telah kembali normal karena sudah dilakukan penyambungan kembali,” jelasnya.

Diakhir kunjungannya Ia menyampaikan dukacita yang mendalam kepada keluarga korban dari musibah banjir dan longsor. “Atas nama pribadi dan seluruh civitas Kementerian Kominfo RI, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban meninggal dunia. Saya berharap agar masyarakat setempat diberikan kekuatan, dan semoga bencana ini dapat segera tertangani dengan baik,” ungkapnya.

Perlu diketahui bersama bahwa selain meninjau lokasi bencana dan bertatap muka bersama pengungsi, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem ini juga menyerahkan bantuan pribadi secara simbolis kepada Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur. (Tim Kominfo Lembata)