Lewoleba, Lembata diselimuti duka mendalam, Mantan Bupati Lembata dua periode (2001 – 2012 ) Bapak Drs.Andreas Duli Manuk, tutup usia di Rumah Sakit Umum Daerah Lewoleba Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur, Jumat (26/02), sekitar Pukul 17.52 Wita.

Mantan Politisi Golkar itu meninggal pada usia 80 tahun. Setelah pensiun dari birokrasi dengan berbagai jabatan pada birokrasi. Almarhum sempat mencatatkan diri sebagai Ketua DPD II Golkar Flores Timur dan Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur ke – 9. Setelah Kabupaten Lembata ditetapkan pada Tahun 2000 menjadi daerah otonomi, Almarhum pindah dan sempat menjadi Ketua DPRD Kab.Lembata sebelum terpilih menjadi Bupati Pertama Kabupaten Lembata.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lewoleba dr. Bernadus Yosep Beda yang dimintai keterangan terkait riwayat sakit Almarhum mengatakan bahwa, selama 40 hari Almarhum menjalani perawatan intensif di RSUD. Dengan diagnosa ARDS, DM tipe 2, CAD, stroke dan gagal Napas.

Sementara itu, Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, S.T.,M.T, yang saat itu berada di rumah duka, mengatakan bahwa, segala proses pemakaman Almarhum secara kedinasan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. “Proses pemakaman kedinasan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan”, pinta Sunur.

Sambung Sunur, semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan kekuatan, karena semua peristiwa yang terjadi ini adalah kehendak sang pencipta. Lanjutnya, bahwa semua urusan yang berkaitan dengan upacara penguburan Almarhum menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Senada dengan itu, Lukas Witak perwakilan dari keluarga duka menyampaikan limpah terima kasih kepada Pemda Lembata karena telah melaksanakan upacara kedinasan di Kantor Bupati Lembata sebelum di bawa ke rumah duka di Lingkungan Tujuh Maret, Kelurahan Lewoleba Tengah Kabupaten Lembata.

Sambungnya, Almarhum direncanakan akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Komak kelurahan Lewoleba Selatan, pada hari Minggu (28/2/21).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Kominfo, Almarhum sempat dibawa ke Rumah Sakit Damian beberapa hari, kemudian kondisinya membaik dan dipulangkan ke rumah namun Almarhum kembali mengalami sakit dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Lewoleba.

Untuk diketahui Bapak Drs. Andreas Duli Manuk lahir di Lite Ulumado, 13 April 1940, menikah dengan Ny. Margareta Hurek Making dan dianugerahi 6 orang anak. Selamat jalan Bapak Drs. Andreas Duli Manuk, terima kasih atas segala pengabdianmu untuk Lewotana Lembata yang tercinta ini. (Tim Kominfo Lembata)